Memberi dan bertakwa menjadi sebab turunnya pertolongan Allah

Hidup kita ini pasti masih membutuhkan pertolongan Allah, kita tidak bisa merasa cukup dengan kemampuan kita sendiri yang sangat terbatas. Kenapa para Nabi dan para Waliyullah mendapatkan pertolongan Allah dalam hdiupnya, yang seringkali dianggap sebagai wali keramat atau mukjizat. Tentunya kita mencontoh para Nabi dan kekasih Allah dalam menjalani kehidupan ini yaitu bagaimana beliau beliau mendapatkan pertolongan Allah.

ada dua hal dalam al quran disebutkan yaitu memberi dan bertakwa, dimana keduanya ini akan membuka pintu kemudahan dari Allah SWT. Kemudahan inilah yang merupakan pertolongan pertolongan dari Allah.

Memberi, ya memberi apa yang kita bisa kepada orang lain yang memang memberikan manfaat. semakin banyak kita memberi kepada orang lain maka akan membukan pintu kemudahan dari Allah SWT dalam bentuk pertolongan.

yang kedua adalah beratakwa, kalimat bertakwa ini diartikan sebagai ketaatan kita dalam menjalankan perintah Allah, misalnya jika diperintah bekerja ya kita bekerja dengan baik, kalau diperintah untuk membayar hutang ya kita bayar dengan tepat waktu, kalau ada perintah jangan hutang ya kita jangan berhutang, kalau ada perintah menolong orang ya orang kita tolong. Kalau kita punya hutang kemudian kita malah bersedekah itu namanya tidak bertakwa karena perintah bagi orang yang berhutang adalah membayar hutang bukan malah sedekah.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.