membuka komunikasi bawah sadar dengan diary

membuka komunikasi bawah sadar ada beberapa macam salah satunya yang paling membuat saya enjoy adalah dengan diary atau dengan buku harian. Menuliskan kejadian kejadian sehari hari dapat membuka pintu komunikasi dengan alam bawah sadar. ketika kita menulis maka lukisan kejadian itu akan terbaca dengan jelas dan kita seperti dituntun untuk memasukinya lebih dalam. maka seringkali kita terhipnotis setika sedang menulis, setelah tulisan selesai dan sadar kita takjub dengan tulisan kita sendiri. “kok bisa menulis seperti ini ya…..”, itu kira kira batin kita mengatakan. Ya sepeti orang terkena gendam atau terhipnotis kan?

Maka sebenarnya menulis itu untuk diri kita bukan untuk orang lain, terlebih tulisan yang bersifat personal. Tulisan tulisan tersebut memang tidak untuk di publish. Tulisan tulisan saya di blog inipun sebenarnya adalah diary saya, namun sudah saya kemas sehingga layak untuk dibaca umum. Saya cenderung menuliskan apa yang saya alami secara spiritual. Ekslorasi ini kadang mendalam dan meluas ketika saya menulis. dan kadang maaf, ada beberapa tulisan yang saya sendiri belum mengalaminya secara intens, tapi karena petunjuk ke arah itu sudah ada maka saya tuliskan, dan biasanya saya saya berikan ending : …mari kita belajar bersama….

Karena menulis diary merupakan pintu membuka alam bawah sadar maka dalam menuliskannya perlu hati hati. sikap hati hati ini diperlukan karena apa yang kita tulis akan menjadi kenyataan. misalnya kita menggambarkan kejengkelan dengan sangat rinci maka hal hal yang membuat kita jengkel akan bertambah banyak. Kita menuliskan kesialan kita pada hari ini, dan menuliskannya dengan sangat deskriptif dan sangat rinci. Gambaran ini akan memberikan dampak pada kehidupan kita kedepannya sehingga kesialan yang ditulis itu akan menjadi keadaan yang kita terima secara terus menerus. untuk itu ketika kita menuliskan diary yang negatif harus ada “obat penawar” nya. misalnya dengan semoga ini tidak terulang, Ampuni saya ya Allah…., atau yang lainya. dengan Obat penawar ini maka diary “negatif” tidak akan ├é┬áberdampak apa apa dalam kehidupan kita.

Saya merasakan keasyikan tersendiri ketika menulis, sebab yang saya ekslorasi adalah alam pikiran saya sendiri. Saya sangat paham dan mengerti tulisan saya ini bagi beberapa orang kurang menyukai atau tidak cocok, untuk itu ya saya minta maaf. Keasyikan saya menulis disebabkan karena ide ide itu mengalir ketika jari jari saya menari diatas keyboard. Saya hanya mengikuti apa yang saya pikirkan saat itu. Jika anda seperti saya atau anda mempraktekan seperti apa yang saya lakukan pasti anda akan merasakan hal yang sama. Kita belajar dari apa yang mengalir dalam diri kita.

Kadang yang masuk dalam tulisan saya bukan personal unconsciousness saja tapi juga collective unconscious. artinya kadang tulisan saya seperti ter sinkronisasi dengan apa yang sedang diajarkan guru guru spiritual saya terutamanya apa yang sedang di ajarkan oleh ust Abu Sangkan. nah dari sinilah saya sangat menyukai kegiatan menulis., yaitu bisa mengakses collective unconscious dari orang lain, tentunya hal tidak saya sadari.

Singkat cerita, saya anjurkan bagi anda yang membaca tulisan saya ini untuk mulai saat ini menuliskan pengalaman spiritualnya, apapun bentuk tulisan itu, tulis dan tulis. Saya sarankan juga untuk menulis secara pribadi jangan di publikasikan terlebih dulu. karena kalau sudah dipublish dan anda belum siap mental maka akan menghentikan daya ilham yang turun, seperti mandek atau berhenti. Tulislah apa yang anda alami dan untuk sendiri, jangan biarkan orang lain menilai tulisan kita termasuk kita sendiri jangan biarkan kita mengolok olok tulisan kita.

ok just do it ya…… bismillahi Allahu akbar

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

4 thoughts on “membuka komunikasi bawah sadar dengan diary

  1. Insya Alloh….saya tertarik dg kalimat ini “Saya sarankan juga untuk menulis secara pribadi jangan di publikasikan terlebih dulu. karena kalau sudah dipublish dan anda belum siap mental maka akan menghentikan daya ilham yang turun, seperti mandek atau berhenti.”…..Ketika sudah menulis emang penginnya segera diupload, maka sejak dapat saran ini, saya jadi tulis dan baca sendiri tuk 2 bulan..

  2. wah artikel yang menarik memberi saya inspirasi
    saya terinspirasi jadinya untuk kembali menulis diary yang sempat terhenti

    saya ndiri kebiasaan habis nulis langsung upload mulai sekarang akan saya evaluasi sebelumnya agar lebih layak

    makasih wat pencerahannya…. ^^

  3. persis yang saya alami pak, setelah saya nulis ternyata banyak yang tak terbayangkan muncul dan ternyata isinya sangat dalam, saya berusaha untuk membuat blog spt ini, untuk itu sblnya apakah bapak berkenan untuk melihat hasil tulisan saya ini? saya dari SC Pati yang akhir desember lalu kita ketemu di Jatibening lalu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *