membuka Reticular Activating System saat sholat

Alam yang diluar kesadaran kita bisa kita masuki dengan cara membuka RAS atau Reticular Activating System. RAS ini semacam pintu informasi bawah sadar kita yang akan menyeleksi mana mana informasi yang boleh masuk. syarat utama dari terbukanya pintu ini dapat kita lakukan secara sengaja yaitu dengan tumakninah dan fokus pada apa yang sedang kita lakukan dalam sholat yaitu bacaan dan gerakan sholat. Pada artikel saya yang terdahulu sholat merupakan komunikasi antara kita dengan Allah, jadi informasi yang hendak kita masukkan dalam otak kita adalah berupa bacaan dan gerakan sholat yang sudah termaknai oleh kita (so, kita harus paham akan makna bacaan dan gerakan yang kita lakukan).

Dengan relaks dan fokus maka informasi seperti berserah, pujian dan doa serta keyakinan bahwa doa kita dikabulkan akan dapat kita simpan dalam alam bawah sadar kita sehingga menjadi “automatic system” dalam diri kita ketika kita mengalami suatu keadaan. Misalnya ketika sedang sedih kemudian dalam bawah sadar kita sudah tertanam “software pasrah yang menenangkan” maka ketika dengan sedih kemudian kita sujud “automatic system” dalam diri kita akan running sehingga rasa sedih berubah menjadi perasaan tenang. tidak perlu obat penenang, tidak perlu psikolog apalagi psikiater cukup dengan sujud rasa sedih, bad mood, kecewa, tidak bahagia dan lainnya akan hilang begitu kita sujud kepada Allah.

baiklah secara praktis begini :

  1. kendorkan seluruh tubuh ketika hendak sholat
  2. kendorkan lebih dalam lagi sehingga kita mencapai keadaan “seperti hendak mau tidur”
  3. berniat lah sholat seperti biasa dan komunikasikan kepada Allah (beritahukan kepada otak kita/pikiran kita) ketika takbir yaitu Allah maha besar, “ya Allah engkau maha besar”
  4. ucapkan takbir tersebut pada kondisi yang sangat relaks dan fokus , biasanya jika hal ini dilakukan dengan benar maka kita akan merasakan daya “Allahu akbar” ini merasuki pikiran dan hati kita bahkan sampai merasuk kedalam jiwa , tentunya tubuh pun ikut merasakan dampak ini
  5. lakukan setiap gerakan dan bacaan seperti takbir di atas . semakin kita relaks dan fokus maka tertanamnya informasi dalam diri kita akan semakin kuat.
  6. ingat dalam keadaan ini kita biasanya seperti merasakan mengantuk untuk itu kita harus kuat tidak boleh tertidur, tetap jaga kesadaran.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

2 thoughts on “membuka Reticular Activating System saat sholat

  1. Maaf Pak..fokusnya ke apa Pak? trus kalau kita fokus apa malah bukannya jadi ga rileks Pak? trus gmana cara komunikasi kepada Allah padahal Allah tidak bisa digapai dengan akal dan fikiran? Maaf Pak pertanyaannya banyak..coz ga tahu..mohon pencerahannya Pak…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *