Memperbesar reality internal untuk mengatasi semua masalah

realitas sebeanrnya

Allah is The reality

Reality internal adalah kenyataan dalam diri kita yang benar benar nyata, keyakinan kepada Allah termasuk ada di dalamnya. Ketika kita memperbesar keyakinan kepada Allah maka kenyataan internal tersebut akan lebih besar apalagi dengan mempercayakan kepada Allah bahwa Allah bisa menyelesaikan dan mampu menyelesaikan masalah kita maka kenyataan internal ini akan sangat besar, dan masalah yang kita hadapipun terasa ringan dan kita dapat menyelesaikannya.

yang paling bahaya dalam menghadapi masalah adalah kenyataan internal lebih kecil dari pada kenyataan eksternal, orang yang demikian akan menganggap masalah itu sangat berat dan masalah itu tidak dapat diselesaikannya. Bagaimana mungkin seseorang dapat menyelesaikan masalahnya jika tidak memiliki kekuatan untuk menyelesaikannya. Untuk itu keyakinan kepada Allah ini sangat penting. sebab dengan meyakini Allah maka lambat laun kenyataan internal yang ada pada diri kita akan membesar dan mampu melakukan apapun masalah yang dihadapi.

ŸAllah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. ia mendapat pahala (dari kebajikan) yang diusahakannya dan ia mendapat siksa (dari kejahatan) yang dikerjakannya. (mereka berdoa): “Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami tersalah. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebankan kepada kami beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tak sanggup kami memikulnya. beri ma’aflah Kami; ampunilah Kami; dan rahmatilah kami. Engkaulah penolong kami, Maka tolonglah kami terhadap kaum yang kafir.”

Di surat Al baqoroh 286 di atas jelas bahwa kenyatan internal selalu lebih besar dari pada kenyataan eksternal, yaitu Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya, ini artinya bahwa cobaan Allah (kenyataan eksternal)  dengan kekuatan yang ada pada diri (kenyataan internal) selalu lebih besar kenyataan internal (internal reality)

sekarang mari kita percayakan semua masalah itu kepada Allah seperti juga ayat albaqoroh di atas, yang berupa doa

“Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami tersalah. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebankan kepada kami beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tak sanggup kami memikulnya. beri ma’aflah Kami; ampunilah Kami; dan rahmatilah kami. Engkaulah penolong kami, Maka tolonglah kami terhadap kaum yang kafir.”

Doa ini adalah doa untuk memperbesar kenyataan internal, sehingga kita mampu melakukan apapun masalah yang sedang dihadapi. Baiklah mari kita percayakan semua kepada Allah, agar masalah kita cepat selesai.

gambaran masalah dan cara solusinya

Nah.. ternyata masalah tergantung dari persepsi kita

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *