mempertanyakan Kisah Sunan Jaga Kali

Salah satu cerita legendaris tentang wali songo adalah sudah kalijaga  yang awal belajar agamanya di suruh menjaga tongkat sunan Bonang di pinggir sungai atau kali. pertanyaan yang muncul adalah benarkah Seorang waliyullah yaitu Sunan Bonang memberikan pelajaran kepada muridnya Sunan Kalijaga seperti itu, yaitu menjaga tongkat hingga berbulan bulan sampai sampai tubuh beliau “lumuten” sampai sampai tubuh beliau menjadi sarang burung.

Bagaimana mungkin seorang wali mengajarkan hal yang demikian, (keluar dari syariat) karena sunan kalijaga mestinya tidak sholat karena harus menjaga dengan berdiam diri sampa berbulan bulan. Yang kedua bagaimana mungkin bisa bertahan di pinggir sungai dan bertahan duduk di pinggir sungai secara nalar jelas tidak akan mungkin bisa.

kalau misalnya, Sunan Bonang ini mewejang sunan kali jaga untuk menjaga tauhid (yang disimbolkan dengan tongkat) bisa saja artinya sunan kalijaga diminta tidak meninggalkan sedikitpun tauhid, dan ini bukan berarti simbol ini kemudian dijadikan cerita nyata yaitu menjaga tongkat hingga berbulan bulan disungai.

jangan sampai hal hal yang bersifat simbolik ini menjadi cerita nyata yang benar benar terjadi.

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

2 thoughts on “mempertanyakan Kisah Sunan Jaga Kali

  1. ngapunten gus ….
    pripun niki ? bilih leres meniko symbol tauhid ,, kok namung sedelo kanjeng Sunan Kalijogo dipun utus nenggo tongkat?? bilih leres meniko tauhid, mboten to kinten kinten langkung tepak bilih nenggo-ipun selamine …..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *