memulai dari yang sederhana

nafsu manusia selalu ingin cepat, instan, dan hasil yang maksimal. Tapi biasanya yang demikian akan tertipu di akhirnya dan gagal dalam melaksanakannya. Dalam menjalankan amanah Allah kita mulai dari yang sederhana bahkan dari yang paling sederhana, tidak peduli dengan orang lain yang mungkin akan mengatakan “hal sepele kok dilakukan”. KIta lakukan hal yang sederhana nanti akan membesar dan akhirnya akan menghasilkan yang besar. Resep atau cara ini sangat cocok bagi kita yang memiliki rasa malas yang besar< kadang untuk memulai sesuatu sangat berat, maka cara ini dapat dilakukan menjalankan ha yang plaing mudah, palaing sederhana dan yang pasti adalah mendasarkan pada perintah Allah yang muncul secara spontan.

misalnya kita diminta buat proposal dan itu sangat membuat malas tapi kita harus membuatnya, maka ketika ada perintah buka laptop segera respon buka laptop, ya buka saja nanti ikuti instruksi selanjutnya.

Mengerjakan amanah tidaklah berat asal kita just do it dan lakukan apa yang seharusnya dilakukan, dan itu nampak seperti sepeda yang dikayuh, pada kayuhan awal akan terasa berat tapi kayuhan setelahnya tidak seberat di awal.

maka memulai dari hal yang sederhana adalah cara yang paling menyenangkan dalam menjalankan amanah Allah. Kalau kita berat menjalankan shalat tahajud maka perintah yang paling ringan apa, misalnya pasang alarm pada pukul 2, ya set saja alarm pada pukul 2. jangan berpikir nanti akan bisa bangun atau tidak, karena yang paling penting adalah menjalankan yang paling mudah untuk menuju amanah. Karena perintahnya adalah pasang alarm ya tidak ada urusan nanti bisa bangun atau tidak, karena masih nanti, yang penting ketika men set alarm pukul 2 iringi dengan niat bahwa nanti akan bangunĀ  tahajud pukul 2.