Mencari arti makna Bahagia sejati

Saya membagi bahagia menjadi 2

  1. bahagia artifisial, bahagia ini berasal dari hasil persepsi pikiran kita, misalnya kita punya rumah kita bahagia, kenapa ini artifisial karena sebelumnya kita belum punya rumah, dan rumah adalah sesuatu yang dicitacitakan. padahal sebelumnya juga sudah menempati rumah mungkin lebih baik dari yang sudah dimiliki ini, karena rumah sebelumnya adalah rumah sewa, atau rumah kontrakkan. seorang yang baru punya anak, apalagi anak pertama bahagianya tidak ketulungan, ini juga bahagia artifisial, coba bedakan dengan mereka yang sudah memiliki 5 orang anak lalu lahir lagi, mungkin ekspresinya tidak sebahagia yang baru memiliki anak pertama. ini adalah bahagia pertama yaitu bahagia artifisial.
  2. bahagia yang kedua adalah bahagia yang sebenarnya. Bahagia yang sebenarnya merupakan bahagia yang bukan dari hasil pikiran, atau bukan dari hasil persepsi. bahagia ini langsung menusuk hati dan spontan bahagia tanpa sebab yang jelas. bahagia ini saya namakan dengan bahagia sejati. Bahagia sejati ini bukan disebabkan oleh materi, sebab yang materi adalah bahagia artifisial. bahagia yang sejati ini adalah suatu keadaan dimana kita bisa berada pada keadaan bahagia sesuka hati kita. kita bisa bahagia tanpa materi.

bahagia memang dambaan setiap orang, tapi sedikit yang mempelejari bahwa bahagia yang sebenarnya yang seharusnya kita cari. kita harus tetap memiliki tapi kadang memiliki tidak bisa menjadi. artinya kadang kita behaving tapi kita tidak becoming. bahagia yang sebenarnya terletak pada becoming bukan behaving. meski demikian akan lebih baik kalau kita behaving dan becoming.

Ada banyak penghambat dapam pikiran kita yang akhirnya sesuatu yang membuat kita bahagia akhirnya tidak dapat membuat kita bahagia. penghasilan atau gaji yang seharusnya membuat kita bahagia terkadang tidak bisa membuat kita bahagia, anak yang seharusnya membuat kita bahagia ternyata membuat kita sedih (aku berlindung ya Allah, dan lindungi anak anak kami). harta berlimpah yang sehrusnya membuat kita bahagia malah membuat kita stress. oleh karena itu kita harus mengenal filter filter yang ada dalam piikiran kita. filter filter ini harus bersih dan harus diselelaraskan dengan kenyataan, jangan sampai sesuatu yang membuat kita bahagia terdistorsi sehingga membuat kita tidak bahagia.

untuk membuat sesuatu atau membuat materi bisa menjadikan kita bahagia tidak ada cara lain adalah dengan bersyukur. anda harus duduk 5 menit lalu sambungkan ke Allah dan berterimakasihlah kepada Allah. duduk lima menit ini akan mentralisir hal hal yang negatif. ingat bahwa semua berangkan dari pikiran, jika pikiran kita berterimakasih terhadap Sang Pemberi maka hidup kita akan bahagia.

Syukur menjadikan hidup kita lebih hidup. selamat bersyukur kepada Allah dan rasakan bahagia menyelimuti diri anda……

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

3 thoughts on “Mencari arti makna Bahagia sejati

  1. Subhanallah….. aku bersyukur kpd-Mu Ya Allah……. aku mdpt tambahan ilmu lagi….. beri aku kepahaman. Aamiin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *