mencermati doa bayar hutang agar manjur

Aisyah Ra menyampaikan bahwa ayahnya pernah datang dan bertanya kepadanya apakah Aisyah mendengar doa yang pernah diajarkan Rasulullah Saw kepada Abu Bakar. Aisyah menjawab bahwa ia belum pernah dengar.

Abu Bakar Ra menjelaskan bahwa Nabi Isa bin Maryam As pernah mengajarkan doa ini kepada para sahabatnya dan beliau berujar, “Bila kalian memiliki hutang sebesar gunung dari emas lalu berdoa kepada Allah Swt dengan doa ini, pasti Allah Swt akan memberinya jalan untuk bisa bayar hutang.”

Doa tersebut adalah:
Allahumma Faarijal hamm… Kasyifal ghamm… Mujiba da’watal mudhthariin… Rahmanad dunya wal akhirah wa rahiimahuma. Anta tarhamuni, farhamni birahmatin tughnini biha an rahmati man siwaak
Ya Allah, Yang berkuasa menyingkap kegalauan… Yang Mampu menghilangkan segala kesedihan. Engkaulah Zat Yang Menjawab permohonan orang yang terdesak. Engkau Sang Maha Pengasih dan Penyayang di dunia dan akhirat. Engkau senantiasa merahmatiku, maka rahmati-lah aku dengan sebuah rahmat yang mencukupkanku dari meminta kepada selain-Mu.

Abu Bakar berujar usai menjelaskan doa tersebut kepada putrinya Aisyah bahwa ia memiliki hutang dan beliau adalah orang yang tidak suka berhutang. Aku berdoa kepada Allah Swt dengan doa tersebut sehingga aku memiliki keuntungan usaha yang banyak hingga bisa membayar hutang. (Al Mustadrak alas Shahihaini karya Al Hakim)

dari riwayat hadis diatas terutama tulisan yang saya cetak tebal dapat kita simpukan bahwa inti dari Allah memberikan pertolongan adalah berpikir positif kepada Allah. positif thinking bahwa Allah maha kuasa, maha murah,maha memberii pertolongan…. dst, doa diatas tentunya bukanlah rapal atau mantra namun harus dihayati dan terutama harus disadari. doa harus bisa mensugesti kita bahwa ada jalan keluar dari Allah yang akan membebaskan kita dari hutang.

2 hari yang lalu ada seorang Ibu datang kpd saya berkonsultasi mengenani hutangnya yang tidak selesai selesai dan semakin menumpuk dan menumpuk…. banyak cerita negatif dan kebuntuan yang ia sampaikan saya hanya mendengarkan dan berusaha berempati…. setelah selesai saya pun bercerita tentang bagaimana Allah bisa membantu… dan ibu itu pun lambat laun mulai berubah wajahnya dan mulai tersenyum dan tertawa… dan Ibu itu berkomentar sekian lama saya tidak bisa tertawa pak, baru sekarang saya bisa tertawa, ternyata ada jalan keluar yadalam masalah saya, ternyata masih ada ALLah.
baik kembali ke masalah doa, jika doa tadi dicermati kemudian setiap bacaannya diulang ulang dan diresapi disadari bahwa Allah memberikan jalan keluar pasti doa tersebut akan masuk dalam alam supra sadar kita dan jika demikian maka apa yang kita baca tadi akan menjadi keyakinan, dan apa yang kita yakini akan terjadi atas ijin Allah.

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

9 thoughts on “mencermati doa bayar hutang agar manjur

  1. Alhamdulillah. Tidak percuma saya bisa mengakses Internet. Dan ternyata alat komunikasi ini tergantung pada kita cara memanfaatkannya. Sementara di sisi lain banyak orang yang memandang dan berfikiran tentang Internetan. Di sini saya seolah menemukan teman curhat dan memang dalam kegalauan seperti yang tengah saya rasakan ini perlu adanya orang yang membimbing dan memberi kesejukan serta cahaya agar saya maupun orang lain tak terjerumus ke arah jalan yang dibenci Allah. Terima kasih atas pemberian do’anya dan akan saya tambahkan pada do’a-do’a saya yang lain. semoga Allah segera mengabulkan dan melepaskan saya dari kesusahan ini. Amin.

  2. trm ksh mas Pur atas tulisanya, smg aku dimampukan Allah mengamalkan tulisan tsb yang sangat sesuai dengan kondisiku saat ini.

  3. Assalamu’alaikum….wr wb! terima kasih mas PUr, adas tulisan antum,semoga kita selalu dalam Rahmat dan Hidayahnya seelalu,dan juga kemudahaan-kemudahaan serta keridoannNYA…..

  4. semua orang yang pastinya ngga mau punya utang namun ini lah hidup,asal kita yakin dan percaya sama yang diatas kita pasti bapat melunasi hutang2 kita ingat saudaraku kita dilahirkan atas kehendak allah,maka kita pasrahkan sgala sesuatunya sama yang diatas.jangan menyerh …allah sayang pada kita makanya diberikan ujian itu.allahu akbar…asatagfirulloh al adzim…..

  5. Bpk yg saya hormati atau sdr smua yg baca ini,dengan stulus hati q mohon bantuanya,saya bsok hrus byar hutang 12jt dan klo g bisa byar hbis lah hidup saya,siapa pun yg tolong q akan aku kembalikan dngan cara mencicil 500rb per bln atau aku akan lakukan apa pun asal ada yg tolong q,,q mohon

    • jangan minta manusia mintalah pada Allah, kalau habis hidupnya ihlaskan saja. manusia paling pol adalah mati. jadi jangan pernah takut terhadap masalah yang sedang kita hadapi. dan andalkan Allah.

  6. Assalamualaikum..wr.wb. Saya juga mengalami kondisi yang sama. Saat ini saya terbelit hutang sebanyak hampir 20jt. Di usia saya yang baru menginjak 22 tahun tentu saya sangat bingung, saya menjadi tulang punggung keluarga, dan Ayah saya sudah tua sakit-sakitan. Saya sangat sedih dan harus menanggung beban ini sendirian. Saya juga mempunyai 4 orang adik, 2 diantaranya masih duduk di bangku SD. Saya seorang karyawan dan berpenghasilan cukup. Meskipun begitu saya tetap mensyukuri seberapa pun rejeki dan nikmat yang diberikan oleh Allah. Oleh karenanya, saudara-saudaraku sudikah mendoakan saya, semoga saya dapat segera membayar hutang saya dengan jalan yang diberikan oleh Allah,..aamiin ya robbal alamiin.

    • waalaikums alam wrwb insya Allah saya doakan, semoga hutang cepat lunas, tetap yakin kepada Allah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *