Mendalami emosional sholat

sisi sisi emosi dalam berhubungan dengan Allah memiliki kedalaman yang harus kita selami. misalnya rukuk, bagaimana dengan rukuk kita merasakan bahwa Allah benar benar kita hormati sehingga ada rasa dekat dengan Allah namun tetap mengedepankan rasa hormat kepada Allah.

sisi emosional sholat ini merupakan buah dari kita bersungguh sungguh dalam rukuk, sujud, iftirash , baca alfatihah dan lainnya. orang berinteraksi pasti memiliki keadaan emosinal. kita berinteraksi dengan manusia juga memiliki sisi sisi emosional. misalya kita berinteraksi dengan orang yang baru dikenal sisi emosionalnya tidak sedalam jika kita berinteraksi dengan sahabat, akan berbeda lagi jika kita berinteraksi dengan kekasih … pasti sisi emosional ketika berinteraksi dengan kekasih memiliki kedalaman emosional yang sangat dalam dan sangat berasa.

sholat adalah sarana kita berinteraksi dengan Allah… sekarang mari kita lihat sisi emosional kita ketika kita sholat apakah Allah sebagai yang baru dikenal, Allah sebagai Sahabat atau Allah sebagai kekasih… kalau kita sholat tidak merasakan apapun sisi emosional kita maka ini berarti sholat kita perlu kita perbaiki, sholat kita perlu kita tingkatkan kualitasnya terutama sisi emosionalnya.

untuk melatih kedalaman emosi ini mau tidak mau sholat kita harus berdurasi lama, karena rasa akan muncul jika kita tenang (tumakninah) dalam posisi sholat tertentu misalnya rukuk kita lama, sujud kita lama tentunya dengan hati yang rukuk dan hati yang sujud.

jika kita sudah menemukan sisi emosional sholat maka kita akan merasa bahagia dengan sholat kita. sudah tidak berkomentar lagi .. kenapa sholat harus lama, …. khusyu kan tidak harus lama…… kalau lama nanti saya melamun… karena kita sudah tahu rasanya, karena kita sudah tahu kenapa harus lama…..masak sih berlama lama dengan Allah dilarang…….

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *