cara mendapatkan lailatul qodar

dambaan bagi umat muslim untuk mendapatkan lailatul qodar.. apa sebenarnya lailatul qodar, seribu bulan, kalau saya mengartikan lebih rasional saja, makna malam kok dikaitkan dengan bulan berarti ada suatu keheningan, ketenangan, atau mungkin juga kegelapan kemudian diterangi oleh terang benderangnya bulan, dan tidak hanya satu jumlahnya namun seribu. bayangkan satu saja sudah membuat kita tercerahkan apalagi seribu. jadi makna malam seribu bulan adalah suatu keadaan jiwa yang tenang (muthmainah) yang mendapatkan pencerahan dari Allah seperti cerahnya bulan yang berjumlah seribu. makna tenang (malam yang tenang) adalah gambaran keadaan kesadaran yang sudah memasuki dimensi ruhani dimana sifat dari dimensi ini adalah suci, fitrah, bashiroh, tenang dan kembali kepada allah. maka dalam mendapatkan pencerahan seribu bulan maka seseorang harus berada pada wilayah tenang atau muthmainah atau wilayah ruhani baru kemudian dia akan mendapatkan pencerahan dalam hidup.

bagaimana kunci untuk mendapatkan lailatul qodar tersebut. yang pertama adalah berniat untuk tidak mencari lailatul qodar… niat ini penting kalau kita berniat untuk mendapatkan lalilatul qodar kita tidak akan mendapatkannya malah kita akan tersesat pada tipu daya syetan, jadi niatkan lurus kepada allah bahwa ibadahku, hidupku dan matiku karena allah. yang kedua adalah keyakinan yang kuat bahwa kita mendapatkan pencerahan tersebut sebagai prasangka baik kita kepada allah, jadi kita harus dapat membedakan antara niat dan berprasangka baik kepada allah sehingga tidak rancu dan kita dapat menempatkan sesuai dengan maknanya masing masing. selanjutnya adalah menerima daya karena biasanya jika yakin kepada allah bahwa allah memberikan lalilatul qodar atau apapun maka respon adalah turun nya daya nah daya inilah yang harus kita terima dan kita rasakan. sekali lagi semua tergantung dari prasangka kita kepada allah, untuk mendapatkan lailatul qodar ya sudah kita berprasangka saja kepada allah bahwa kita mendapatkannya.

0 thoughts on “cara mendapatkan lailatul qodar

  1. Sampai sekarang saya berpikiran bahwa lailatul qodar adalah dominasi laki-laki yang notabene tidak ada halangan bila iktikaf di masjid. Sedangkan kaum muslimat tentunya hanya beberapa saja yang dapat iktikaf. Apakah benar, ketika seseorang mendapatkan lailatul qodar maka amal ibadah disisa hidupnya semakin baik hingga akhir hayat…atau sekedar pahala yang dilipatgandakan seribu bulan? Kalau memang hal ini benar, maka para muslimat tidak perlu khawatir kan pak. Asalkan amal ibadahnya diperbaiki terus menerus dengan harapan meninggal dalam keadaan husnul khotimah….., bagaimana Pak?

  2. iya… bu sudah saat nya kita tidak itungan sama allah… karena diitung itung… kita ini ibadah ndak ada yang sempurna… hanya rahmat allah sajalah yang dapat menolong kita. jadi ibadah adalah pekerjaan seorang abdi yaitu berbakti tanpa minta imbalan apa apa… dengan demikian insya allah kita mati dalam keadaan ihlas karena allah bukan ihlas karena pahala dan demikianlah yang kita sebut dengan husnul khatimah

  3. Lailatul Qodar adalah misteri – yang membuat para pencarinya penasaran. Yang merasa mendapatkan akan bertanya benarkah ini yang dimaksud ? yang tidak merasa mendapatkan akan banyak berbicara tentang malam ini dengan ilmu yang dimiliki.
    Yang jelas malam itu ada – malam itu beda dengan malam malam lain dalam bulan Ramadhan – apanya yang beda ?
    Monggo dibuktikan sendiri nantinya ketika ketemu bulan Ramadhan – silatun atau shalat saja pada setiap malam bulan Ramadhan sampai pagi (minimal 10 hari terakhir) nanti kan bisa membedakan dan tahu kapan turunnya bahkan jam, menit dan durasinya kita akan tahu…

    Wassalam

  4. MENURUTKU LAILATUL QODAR ADALAH SEBUAH PETUNJUK ATAU PENCERAHAN YANG DI BERIKAN OLEH ALLAH KPD HAMBANNYA UNTUK DAPAT MENGENAL KEPADANNYA SAMPAI SAMPAI ALLAH MENGI.TIBARKAN DGN MALAM 1000 BULAN COBA PIKIRKAN LHA WONG 1 BULAN SAJA UDAH BISA MENERANGI DUNIA INI APALAGI KALAU 1000 BULAN WAH NGGAK BISA DIBAYANGKAN TERANGNNYA MUNGKIN MELEBIHI TERANGNYA SINAR MATAHARI TAPI MENGAPA ENGKAU MASIH BELUM MELIHAT DAN MENGENALKU KATA ALLAH KPD HAMBANNYA SEMUA ITU KARENA HIJAB DIRIMU SENDIRI….MOTO NDELOK TAPI ORA KETOK….ADOH TANPO AWANGAN CEDHAK TANPO SENGGOLAN JARE WONG JOWO…RENUNGKANLAH…SAUDARA2KU KITA PUNYA PERJANJIAN DGN ALLAH SEBELUM KITA LAHIR KE DUNIA INI ALASTA BI RABBIKUM ” BUKANKAH AKU INI TUHANMU”…..DAN TUJUAN KITA KE DUNIA INI ADALAH UNTUK MEMPERTANGGUNGJAWABKAN PERSYAHADATAN ITU….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *