mendidik anak dengan metode behavior conditioning

metode ini saya contoh dari metode nya pavlov yaitu pengkondisian klasik… penerapannya dalam mendidik anak adalah dengan bagaimana¬† mengkondisikan anak untuk mengatur perilaku anak. cara ini efektif untuk mengurangi tingkat “konflik” anak vs ortu, seringkali ortu memaksa anak untuk melakukan sesuatu namun anak yang belum paham seringkali menolak perintah orang tua tak jarang yang berakhir dengan konflik atau pemakasaan . tentunya keadaan ini dalam proses pendidikan akan merusak “rasa” kasih sayang antara anak dan otu.

oleh karena itu Ortu harus mengenal dan mempelajari bagaimana merubah sikap dan perilaku anak dengan cara mengkondisikan lingkungan rumah. baiklah untuk mudah nya akan saya berikan contoh yang sederhana…misalnya anak kita jika nonton Tv selalu mendekat bahkan sangat dekat , orang tua sudah berulang kali mengingatkan untuk menjauh karena jika terlalu dekat dapat merusak mata, namun si anak pun tetap saja tidak mau… nah pengkondisian yang dilakukan dengan cara menaikkan TV di tempat yang agak tinggi diatas kepala anak kita sehingga “mau tidak mau” anak harus menonton dari kejauhan karena kalau terlalu dekat kepala akan menengadah dan itu membuat dia tidak nyaman.

contoh lainnya lagi …. anak terbiasa tidur di depan TV … dan kalau nonton TV pasti sambil tiduran… nah ini tentunya juga tidak baik mata selain itu menjadi kan anak kita jadi suka bermalasan malasan… dengan metode behavior conditioning , maka pindahkan tempat tidur, alas karpet, tikar dan lain sebaganya dari depan TV atau kalau perlu gantilah dengan kursi yang tidak memungkinkan anak untuk nonton TV sambil tiduran. nah ini akan membuat anak “mau tidak mau” harus nonton sambil duduk atau nonton sambil berdiri….

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

One thought on “mendidik anak dengan metode behavior conditioning

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *