mendidik anak harus dengan sikap berserah

ya mendidik anak pun kita harus dengan siikap berserah diri kepada Allah karena dengan sikap ini kita akan dapat mendidik dengan lebih baik artinya tanpa nafsu. Orangntua yang mendidik anak dengan hawa nafsu maka hasilnya adalah ketidak baikkan. ya sekali lagi bahwa sesuatu yang dihasilkan dari hawa nafsu maka hasilnya bisa dipastikan akan tidak baik. (baca zuhruf 69)

mendidik anak bukan lah kita yang mendidik tapi Allahlah yang mendidik. jadi dengan prinsip ini maka sikap berserah dapat menjernihkan bagaimana Allah mendidik anak anak kita. Kita tidak bisa memaksa anak itu sudah tanda bahwa kita adalah hanya pelaku yang menerima amanah saja. ketika paksaan kita sesuai dengan amanah yang dikehendaki Allah maka akan bisa kita memaksa anak, tapi kalau pemaksaan itu tidak sesuai dengan kehendak Allah maka pasti tidak akan terjadi kebaikan.

mendidik anak jika diiringi dengan sikap berserah kepada Allah berarti tidak mengandalkan logika berfikir, ketika berserah maka kita akan mengikuti apa yang dikehendaki Allah kepada anak kita dan kita sendri sebagai orang tuanya. dan kehendak Allah ini kadang tidak sesuai dengan apa yang kita inginkan kepada anak. Kita inginnya mendidik anak dengan model A tapi ternyata dengan model A anak sangat lah sulit dia maunya dengan metode B maka jika kita ikuti model B yang sama baiknya dengan model A maka kita akan mendapati ternyata model B lebih pas untuk anak kita.

ya kembali ke cara mendidik anak dengan berserah diri kepada Allah. yang pasti bahwa jangan sampai orang tua stress karena mendidik anak ini. Mendidik anak harus dengan enjoy harus dengan bahagia. Maka resep utama unntuk dapat ennjoy dan bahagia dalam mendidik anak adalah dengan berserah diri kepada Allah.

Nasib rejeki dan lainnya sudah ditentukan Allah, maka mendidik anakpun semuanya sudah ditentukan Allah nantinya. Kita tinggal ikuti saja mana mana yang bisa dilakukan untuk anak yang paling baik dari berbagai kemungkinan, dengan ukuran standarnya adalah tidak dengan nafsu.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *