mengajak tubuh pasrah

anggota tubuh kita ternyata bisa diajak pasrah, coba rasakan ketika sujud, perintahkan bahu untuk sujud, perintahkan tangan, kaki, kepala untuk sujud ternyata bisa, dan semakin diperintahkan sujud tubuh akan semakin relaks

0 thoughts on “mengajak tubuh pasrah

  1. Assalamu’alaiku Wr. Wb
    Apa yg ustad paparkan seharusnya memang benar begitu, bahwa kita ini seharusnya pasrah saja kepada Allah, karena seluruh aktifitas kemanusiaan kita adalah diaktifkan oleh Allah, digerakkan oleh Allah. Itu berarti semua yg terjadi pada manusia ini atas kehendak Allah. Nah, hal inilah yg hingga saat ini belum sepenuhnya saya mengerti dan sering meronta diotak saya minta penjelasan. Saya mengambil contoh agak ekstrim begini. Katakanlah ada seorang ayah yang memperkosa anak kandungnya (kejadian spt ini sudah sering terjadi) yang akhirnya menyebabkan si anak hamil. Karena tidak mampu menanggung malu maka dia menggugurkan kandungannya. Singkat cerita, karena dia tidak tahan lagi menanggung derita, akhirnya ia bunuh diri dan mati. Dari cerita ini, hati saya bergolak, apakah seluruh peristiwa tragis seperti ini adalah kehendak Allah. Apakah Allah menetapkan bahwa si ayah memerkosa anaknya, lalu Allah menetapkan bahwa si anak menggugurkan kandungannya, lalu Allah menyempurnakan dengan ketetapan bahwa si gadis bunuh diri. Astagfirullah. Saya koq sulit sekali bisa menerima hal ini. Kalau Allah tahu bahwa peristiwa itu akan terjadi, itu pasti karena dia Maha Mengetahui. Tapi Allah menetapkan hal-hal yang justru bertentangan dengan hukumNya, saya koq jadi bingung. Tolong ustad berkenan memberi pencerahan atas kebodohan saya ini.

    Wass,
    Priyambodo

  2. 1. Barang siapa dapat memgenali dirinya tentu akan mengenal Tuhannya. Perlu kita mengenal diri kita itu dari mana dan mau kemana, apa dan siapa, apa misi kita hidup di dunia ini diantaranya sebagai kholifah/wakil Allah?.

    2. Allah mengilhamkan Fujur (buruk) dan takwa (baik), baca QS.91 : 8-10

    3. manusia mahluq paling sempurna, punya akal, kenapa tidak digunakan akal kita? dan diberi kebebasan berfikir QS At-Tiin

    4. Allah menguji hambanya selama hidup di dunia ini, QS 18 : 7

    5. Kita juga diberi “Instruction manual” berupa Quran dan hadits untuk melaksanakan hidup di dunia ini.

  3. yang baik itu dari allah dan yang buruk adalah dari manusia. manusia diminta allah untuk berfikir, membedakan mana yang baik dan mana yang buruk. dan sesungguhnya musibah yang menimpamu itu adalah hasil dari buah tanganmu sendiri. jadi allah tidak pernah menimpakan sesuatu yang buruk kecuali manusia itu sendiri yang meminta.

  4. mas Priambodo,
    pertanyaan njenengan sangat berat mas …
    salah2 menjelaskan bisa merusak tatanan kehidupan.
    Jadi nggak usah ditanyakan, cukup direnungkan saja dalam2 dan lebih dalam lagi, Insya Allah ntar biar Allah sendiri yg menjawabnya.
    matur suwun

  5. ust. afwan ana mw tanya,saya itu berat sekali untuk khusu’ sholat.padahal saya benar-benar ingin pasrah dan mengkhusu’kan diri,tapi knpa??? hati saya bergejolak dan sulit melupakan pikiran dan masalah2 saya ketika sholat.mungkin hanya ini,antadhirukum ya ustdz.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *