Mengapa Allah Membiarkan Manusia Berdosa

mengapa Allah membiarkan manusia berdosa ? pertanyaan ini sering dimunculkan oleh banyak kawan. Baiklah saya akan mencoba menjawab dengan rujukan surat Asy syam, Bp Ibu bisa juga check sama sama surat tersebut.

8. maka Allah mengilhamkan kepada jiwa itu (jalan) kefasikan dan ketakwaannya,
9. sesungguhnya beruntunglah orang yang mensucikan jiwa itu,
10. dan sesungguhnya merugilah orang yang mengotorinya.

nah jawaban pertanyaan diatas ada di ayat 8 9 dan 10. Jadi Allah mengilhamkan pada jiwa, bahasa ilham adalah bahasa kehendak yang ada pada manusia. Jadi manusia diberikan kehendak untuk berbuat baik dan tidak baik. Tinggal yang mau di ekskusi yang mana, apakah dia melakukan akhirnya melakukan perbuatan baik atau tidak bai

kita diberikan pilihan 2, tinggal kitanya. ALlah menurunkan agama, Allah menurunkan Rasulullah, Allah memberikan akal kepada kita untuk membedakan mana yang baik dan mana yang benar. sehingga kita kalau kita memilih mana yang baik maka kita beruntung, dan jika kita memilih yang tidak baik maka kita akan celaka. Bahasa di ayat diatas adalah, jika kita menjaga kebersihan jiwa yaitu dengan melaksanakan ilham baik maka kita akan beruntung. dan jika mengotori hati yaitu dengan mengeksusi perbuatan tidak baik maka kita akan celaka.

dalam hal ini maka manusia diberikan kewenangan penuh, nah mungkin yang jadi pertanyaannya kenapa Allah membiarkan manusia berdosa, jawabannya karena manusia meninggalkan Allah, tidak mau kembali kepada Allah, tidak mau sadar Allah. Klaau manusia mau sadar Allah maka dia akan ditunjukkan jalannya. jika meninggalkan Allah tidak hanya dibiarkan Allah bahkan akan disesatkan Allah. banyak ayat yang menyebutkan bahwa Allah ini akan menyesatkan manusia. jadi Allah akan memberi petunjuk siapa saja yang sadar Allah dan akan menyesatkan siapa saja yang tidak sadar Allah.

menjawab dari pertanyaan jamaah DNSA di group WA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *