Mengapa Allah menciptakan uang

Uang adalah simbol, dan uang adalah simbol penghargaan. kalau kita bekerja maka kita akan menerima penghargaan yang namanya uang. jadi kenapa Allah menciptakan uang, jelas bahwa  Allah akan memberikan kepada siapa saja yang telah bekerja, bagi siapa saja yang telah berjasa membuat dunia ini hidup. seorang pedagang mendapatkan uang karena dia mempermudah orang untuk mendapatkan barang. seorng guru mengajar dan mendapatkan uang dimana dia mengajar. jadi uang bukanlah sesuatu yang “haram” untuk dicari di dunia. jangan hanya gara gara ingin menjadi sufi, atau ingin masuk surga lalu menghindari penghargaan Allah yang namanya uang. Banyak sufi jatuh miskin dan tidak punya banyak uang gara gara menghindari datangnya uang kepada dirinya.

makhluk namanya uang

kita harus menghormati uang dan menyenanginya

Allah menciptakan sesuatu pasti ada manfaatnya, termasuk Allah menciptakan uang pasti ada manfaatnya. jadi sekarang mindset kita tentang uang harus kita rubah jangan sampai kita membenci uang, kita harus senang dengan uang karena uang adalah pemberian Allah kepada kita. saya umpamakan uang adalah seperti medali atau piala. pialah dan medali adalah penghargaan maka kita simpan dalam almari khusus dan selalu kita bersihkan. Maka demikian pula dengan uang kita harus memeliharanya merawatnya dan menempatkannya dalam dompet yang bagus.

Penghargaan kita kepada uang merupakan ungkapan rasa terimakasih kita kepada Allah karena telah mengkaruniakan uang kepada kita. saya termasuk ustad yang tidak menolak jika setelah memberi ceramah saya diberi penghargaan uang. saya menerimanya dengan rasa syukur. tapi jangan salah, saya tidak pernah meminta bayaran sehabis ceramah…. tapi kalau diberi akan saya terima. ini etika saya. Kenapa saya menerima, karena saya menghargai pemberian Allah saya menganggap bahwa yang memberikan uang bukan jamaah tapi dari Allah, melalui jamaah. jadi saya terima dan berterimakasih kepada Allah dan jamaah sebagai perantaranya.

dan Allahpun senang dengan saya karena saya selalu menerima penghargaan dari Allah dan bersyukur setelahnya. Jika Allah senang terhadap saya dan saya bersyukur kepada Nya maka rizki yang akan diberikan Allah akan semakin banyak.

jika saudara belajar sholat khusyu, belajar bersih hati, belajar dzikir nafas maka saya harapkan anda senang dengan uang dan semoga Allah lebih banyak memberikan kepada saudara semua dengan keberkahan uang. amin

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

4 thoughts on “Mengapa Allah menciptakan uang

  1. ah sok tahu lu.. kaya ngerti tuhan aja. mana ada tuhan bikin uang. emang lu tahu apa? dasar goblok.. tolol lu, yang bikin uang manusia. emang lu minta uang ama tuhan akan turun uang sekarung .. bego lu…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *