mengapa berhutang dapat menyemptkan rizki

sebelumnya mari kita tanyakan pada diri kita ” hutang dengan tidak berhutang lebih bahagia yang mana?” jika jawabannya adalah lebih bahagia jika tidak memiliki hutang maka hutang akan dapat menyempitkan rizki kita.
orang yang tidak bahagia dengan hutang berarti dia dalam keadaan stress, dan stress dapat mempersempit rizki.
bahkan beberapa orang ketika berhutang, hutangnya semakin menumpuk menumpuk dan menumpuk.. sehingga seperti tidak ada daya untuk melunasi nya. jika keadaan ini terjadi maka hutang pun tak akan dapat terbayarkan… nah untuk mengatasi ini maka segera jual seluruh apa yang dimiliki untuk dapat membayar, atau pasrah saja mau di perkarakan di pengadilan ya monggo saja malah ini lebih baik dari pada nanti di akhirat masih di tagih. lebih baik urusan sekarang di selesaikan. seandainya di penjara karena hutang ya monggo saja… kalau memang sudah tidak ada daya untuk membayar.
namun jika masih ada daya untuk membayar maka bayarlah sesuai dengan kemampuan, dan utamakan dalam mencari rizki ditujukan untuk membayar hutang. jangan ditunda besuk dan besuk.
pengalaman membuktikan jika kita mengutamakan membayar hutang maka rizki kita akan dilancarkan Allah dan hutang pun segera selesai , namun jika hutang kita tunda tunda pembayaran nya maka Allah akan memperse,pit rizki nya dan hutang pun bertambah dan bertambah…..

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

2 thoughts on “mengapa berhutang dapat menyemptkan rizki

  1. Memang benar, Pak Pur…dan itu sudah saya alami sendiri. Saat utang kita numpuk, pasrah & sandarkan semuanya pada Allah.Bukti kita berserah diri, ya kita jual semua yg kita punya..termasuk rumah tinggal yg kita tempati.jangan merasa malu dan risau. Tawarkan dan niatkan semua utk byr hutang. Kalau harta benda itu dikehendaki Allah masih jadi milik kita, maka kita malah akan disegerakan mendapat jalan keluarnya. Hal itu sdh terbukti dan kami alami sendiri. Alhamdulillah…dimudahkan Allah jalan rejekiku…hal itu bisa menjadi hikmah yg luar biasa bagi kami sekeluarga…

  2. QS Saba’ (34) : 39. Katakanlah: “Sesungguhnya Tuhanku melapangkan rezki bagi siapa yang dikehendaki-Nya di antara hamba-hamba-Nya dan menyempitkan bagi (siapa yang dikehendaki-Nya)”. dan barang apa saja yang kamu nafkahkan, Maka Allah akan menggantinya dan Dia-lah pemberi rezki yang sebaik-baiknya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *