mengapa berhutang dapat menyemptkan rizki

sebelumnya mari kita tanyakan pada diri kita ” hutang dengan tidak berhutang lebih bahagia yang mana?” jika jawabannya adalah lebih bahagia jika tidak memiliki hutang maka hutang akan dapat menyempitkan rizki kita.
orang yang tidak bahagia dengan hutang berarti dia dalam keadaan stress, dan stress dapat mempersempit rizki.
bahkan beberapa orang ketika berhutang, hutangnya semakin menumpuk menumpuk dan menumpuk.. sehingga seperti tidak ada daya untuk melunasi nya. jika keadaan ini terjadi maka hutang pun tak akan dapat terbayarkan… nah untuk mengatasi ini maka segera jual seluruh apa yang dimiliki untuk dapat membayar, atau pasrah saja mau di perkarakan di pengadilan ya monggo saja malah ini lebih baik dari pada nanti di akhirat masih di tagih. lebih baik urusan sekarang di selesaikan. seandainya di penjara karena hutang ya monggo saja… kalau memang sudah tidak ada daya untuk membayar.
namun jika masih ada daya untuk membayar maka bayarlah sesuai dengan kemampuan, dan utamakan dalam mencari rizki ditujukan untuk membayar hutang. jangan ditunda besuk dan besuk.
pengalaman membuktikan jika kita mengutamakan membayar hutang maka rizki kita akan dilancarkan Allah dan hutang pun segera selesai , namun jika hutang kita tunda tunda pembayaran nya maka Allah akan memperse,pit rizki nya dan hutang pun bertambah dan bertambah…..