Mengapa lampu anda tidak dapat bersinar

saya menganalogikan antara syariat dan makrifat. antara menjalankan perintah Allah dan mengenal Allah. Lampu adalah ibarat syariat yang memiliki komponen yang rumit dengan kawat pijarnya dan perlengkapan pendukungnya. Mempelajari syariat ibarat mempelajari cara lampu bekerja, cara membuat kaca bolamnya, cara membuat kawat pijarnya dan seterusnya yang kalau dipelajari mungkin sampai matipun tidak akan selesai. Ibarat yang kedua adalah makrifat yang saya  ibaratkan sebgai listrik atau power yang bisa membuat lampu tersebut bekerja dan akhirnya dapat mengeluarkan sinar.

Analogi ini menggambarkan bahwa jika kita sudah menjalankan syariat namun tidak makrifat (mengenal Allah) atua tidak ada kesambungan dengan Allah maka sama saja sebuah lampu yang tidak dialiri arus listrik. Orang yang sholat orang yang puasa ataupun zakat dan haji jika tidak makrifat, tidak ada kesambungan hati kepada Allah maka ibadahnya tidak akan mengeluarkan sinar kehidupan, ibadahnya tidak akan memiliki pencerahan apapun, ibadahnya tidak akan memberikan kontribusi apapun baik di dunia apalagi di akhirat.

Maka saya sarankan selain anda mempelajari syariat dan menjalankan syariat tentunya, anda juga harus mencari cara bagaimana hati anda bisa merasakan kehadiran Allah dalam setiap ibadah yang anda jalankan, karena dengan kehadiran hati tersebut ibadah kita bisa bersinar. Saya tawarkan dua metode untuk bisa sambung kepada Allah ;

  1. Patrap
  2. Dzikir nafas 

Dua metoda ini dapat melatih anda untuk bisa sambung ke Allah sehingga ibadah anda akan lebih sempurna. 2 metode tersebut sangat ampuh untuk membuat sholat anda lebih bisa menghadirkan Allah sehingga ibadah apapun yang anda jalankan membuat bisa lebih khusyu. Metode ini merupakan metode turun temurun yang disampaikan secara pribadi namun saya memberanikan diri untuk menyusun menjadi sebuah metode yang saya bukukan tujuan saya agar seluruh umat islam dalam menjalankan ibadah bisa lebih khusyu dan bersinar.

ibadah anda harus dapat bersinar sebab kita hidup memiliki tugas sebagai khalifah yaitu memberikan manfaat kepada orang lain. Tugas kekhalifahan adalah tugas memberi manfaat kepada alam sekitar. Perpaduan antara makrifat dan syariat akan memberikan sinar yang bisa menerangi sekitar kita. Buatlah sekeliling anda bahagia dengan kehadiran anda jangan sebaliknya. Sholat kita bisa membuat kita bahagia dan membuat orang lain bahagia itulah ibadah yang bersinar.

Sudah saatnya umat islam kembali kepada Allah (tidak hanya kembali kepada quran dan hadis), dengan kita menyertakan Allah maka kekuatan spiritual itu akan kita dapatkan, dan dapat kita pergunakan untuk diri kita keluarga kita dan untuk masyarakat. jangan hanya syariat saja yang dipelajari dan dijalankan namun sumber kekuat harus juga kita jalankan yaitu menyambungkan hati atau menghadirkan Allah dalam setiap perbuatan kita.

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

5 thoughts on “Mengapa lampu anda tidak dapat bersinar

  1. Alhamdulillah Alloh telah mempertukan saya dengan pak Pur yang senantiasa menjadi jalan pencerahan bagi diri saya… semoga Alloh berikan panjang umur kepada Bapak sehingga banyak memberikan manfaat bagi kita semua… amiiin

  2. posting Pak Setiyo ini sangat netral, logis, realistis dan jauh dari ego merasa paling benar, paling nyunah, paling nyontoh nabi & paling diterima Alah,& paling2 yg lain.

    salam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *