Mengapa Muslim Harus Produktif

Alasan utama muslim harus produktif karena Al Baqoroh 30 ,  menyebutkan bahwa kita diciptakan Allah di muka bumi ini untuk menjadi khalifah. Khalifah adalah wakil Allah, artinya kita mewkili Allah untuk memenuhi keperluan seseorang jika kita pedagang, kita mewakili untuk mengajari murid murid jika kita seorang guru. Menjadi guru atau menjadi pedagang harus produktif, produktif mengajar, produktif menulis sebagai pedangan harus produktif untuk memberikan pelayanan terbaik kepada orang orang yang memang memerlukan kebutuhan terhadap dagangan yang ia mamp sediakan.

Menjadi produktif ini tidak ngawur, artinya semua harus terencana dengan baik. Setiap tahun kita harus mentargetkan peningkatan pelayanan yang prima kepada objek amanah ( bukan target omset atau penjualan atau penghasilan), dari target peningkatan pelayanan tahunan ini kita breakdown ke bulanan , daru bulanan ke mingguan dan kemudian kita bentuk rincian apa yang harus kita lakukan dalam bentuk rencana harian. kemudian setelah kita laksanakan rencana harian ini pada malam menjelang istirahat kita evaluasi apakah hari ini kita sudah amanah , setengah amanah , atau malah tidak amanah.

Menjadi produktif ini kita sebagai wakil Allah harus dibekali dengan jiwa dan  karakter yang benar. Jiwa kita harus benar benar sadar Allah hingga pada keadaan menyadari kekuatan Allah . Kemudian juga dibekali dengan karakter mental yang super yaitu mental menerima, syukur dan optimis dengan pertolongan Allah.

Menjadi muslim yang amanah produktif adalah implemntasi dari ketakwaan kita kepada Allah. dan inilah derajat tinggi disisi Allah SWT., yaitu derajat takwa.

 

Belajar Dzikir Nafas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.