mengapa sholat khusyu lama

ada bebarap hal antara lain :
1. ketanangan batin yang melupakan dimensi waktu sehingga sebentar padahal lama
2. keengganan untuk beranjak dari posisi sholat sebelumnya,misalnya dari rukuk enggan untuk berdiri itidal
3. suasana yang membuai sehingga kesadaran masuk dalam keadaan yang baru (altered states of consciosness)
4. nikmat, sehingga ingin memperlama durasi nya
5. masuk dalam dimensi rasa.. yang ……tak terlukiskan….
mungkin anda memiliki alasan lain?

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

9 thoughts on “mengapa sholat khusyu lama

  1. trm ksh mas Pur atas tulisan2 nya. Smg rahmat, taufiq dan hidayah Allah SWT selalu dilimpahkan pd qta semua.
    Untuk yg ini saya tergelitik untuk mohon arahan dari mas Pur, krn saya merasa sdh lama mempelajari bgmn spy sholat khusyu tetapi yang saya rasakan sampai saat ini baru point 2 itupun kadang2 dan point 4 itupun sebatas nikmat lahir belum di rasa. Sementara istri saya yang notabene belajarnya kayak nggak serius tapi malah sdh sering cerita tentang rasa point 5. Jelas sbg manusia saya msh kurang banyak tapi mungkin mas Pur bisa memberikan tip2/arahan untuk saya. Trm ksh Wass wr wb.

  2. terimakasih Pak Wi atas pertanyaannya, pak Wi apa yang Bapak ketika sholat sudah menunjukkan bahwa Allah telah merespon niat bapak untuk menjalankan sholat dengan baik. maaf pak, mungkin bapak ada yang kelupaan, bahwa kita menggunakan prinsip bersyukur dalam segala hal termasuk dalam menerima pengalaman pengalaman sholat kita. kalau saya berpendapat Bersyukur bahwa Bapak sudah mendapatkan point 2 itu sudah sangat alhamdulillah, tinggal Bapak sering sering untuk berada pada posisi itu…… dengan syukur ini insya Allah, Allah taala akan memberikan sesuatu yang lain kepada Bapak. amin salam

  3. Pokoknya Shalat saya sekarang Dikhusu’kan olah Sang Pemberi Khusu’ …. Saya tinggal menerima saja rasa itu …. Shalat jadi lebih lama karena nikmatnya …. Dengan khusu’ seperti itu koq saya kerjanya lebih nikmat lebih bergairah …. Ustad Abu Sangkan dan rekan-rekan yang sempat merasakan … mari kita bagikan pengalaman spritual kita ke semua manusia diawali dari keluarga masing2 .. kalau sdh nikmatnya seperti ini … disini … tiada lagi nikmat yang bisa menandinginya …

  4. trm ksh Pak Pur atas pengarahanya, smg saya dimampukan Allah untuk istiqomah menjalankan itu semua. Semoga rahmat, taufiq dan hidayah Allah SWT selalu dilimpahkan pd qta semua.

  5. orang lama sholat belum tentu juga khusu’ , orang cepat sholatnya belum tentu dikatakan tidak khusu’, bagaiamana juga dengan kondisi perang?bagaiamana kalo kondisi fisik sedang sakit? .. yang terpenting tau apa itu sholat?

  6. Assalamu’alaikaum Pak Pratama !
    Kata Pak Ustad Setiyo begitu juga bisa….. monggo mawon.!
    Maaf Pak Pratama Saya urun rembug nih.! Khusyu’ itu sendiri adalah pemberian Allah sedangkan melakukan sholat kita supaya khusyu’ itu ikhtiar kita, jadi kita ikhtiar dulu baru Allah memberi-Nya, bukan kita yang membikin-bikin sholat kita khusyu’ itu harus lama atau sebentar, yang penting ada getaran sadar atau tidak lalai akan Allah didalam sholat dari mulainya sampai selesainya sholat, masalah lama dan tidaknya waktu prosesi sholat itu tergantung kondisi dan etika kita kepada Allah.
    Sekali lagi maaf Pak.! Cuma urun rembug aja biar agak hangat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *