Mengapa sholat merupakan bentuk istirahat

seperti hal nya kita tidur, tidur kita juga merupakan bentuk istirahat. ketika kita tidur sebenarnya kita sedang meninggalkan tubuh kita, kita masuk ke alam tidur ya itu alam bawah sadar. ketika kita bermimpi apa yang kita lakukan dalam mimpi sama sekali tidak menggunakan tubuh kita.  kecuali pada mimpi khusus seperti ngelindur, atau yang sering kita sebut dengan somnabolisme.

nah sholat , letak istirahatnya adalah karena kita meninggalkan tubuh kita untuk menuju kepada Allah. kita meninggalkan tubuh kita dengan kepasrahan jiwa kita kepada Allah, sehingga tubuh kita menjadi sangat relaks, inilah yang disebut dengan istirahat. dan karena kita lebih sadar dari pada tidur maka proses meninggalkannya lebih bisa terkontrol … maka benar saja bahwa sholat lebih baik dari pada tidur, atau rasulullah menyebut bahwa istirahatnya rasulullah yang sebenernya bukan pada tidur beliau tapi pada sholat beliau.

nah praktisnya adalah ketika kita sholat agar terjadi proses istirahtnya tubuh, maka benar benar sholat kita gunakan untuk pasrah ihlas menuju ke Allah. sadari bahwa kita sedang meninggalkan tubuh kita, tinggalkan sensasi tubuh kita, tinggalkan sensasi yang ada pada pikiran dan hati kita, teruslah untuk berserah menuju kepada Allah yang tidak bisa kita persepsikan.

 

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *