Mengapa Sombong itu perlu

ada satu hads yang mengatakan bahwa sombong adalah sedekah. jadi mari sekarag kita belajar sombong dengan benar. Sombong yang benar dianggap sebagai sedekah, sombong yang bagaimana yang benar itu yaitu sombong yang dosombongkan adalah kemahabesaran Allah. dan penggunaan sombong ini ketika ada orang yang menyombongkan dirinya, menyombongkan ilmunya, menombongkan gelarnya, menyombongkan ke ustad annya dan sombong sombong lainnya.

tentunya kita harus paham bagaimana memahami kebesaran Allah, sampai benar benar paham dan meresap menjadikan kita tiada yang ada adalah kebesaran Allah. Allahu akbar dalam level ini bukan hanya ucapan di mulut atau sekedar pengakuan kebesaran Allah namun sudah menjadi identitas bahwa Allah lah yang maha agung tidak yang lain. Nah jika kita sudah mmampu memasuki kebesaran ini maka kita bisa untuk bersombong dimana bukan kita yang disombongkan melainkan kebesaran Allah yang kita sombongkan.

 

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

2 thoughts on “Mengapa Sombong itu perlu

  1. As.wr.wb. Setuju ustadz… Hanya Alloh yang Maha Besar dan berhak sombong. Manusia bisa berbuat sesuatu karena diizinkan dan dikehendaki Alloh…..untuk bernafas saja kita dinafaskan, bergerak saja kita digerakkan oleh Alloh…dst. Jadi tidak ada yang pantas disombongkan manusia…, kecuali kekuasaan dan ke maha besaran Alloh….!!!. Lama tidak komen, tapi insya Alloh selalu mengikuti tulisan-tulisan jenengan yang mencerahkan. Alhamdulillah. Matur nuwun ustadz. Semoga Alloh senantiasa membimbing kita semua. Amien.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *