mengatasi sibling rivalry

usia 1 hingga 2 tahun anak sudah mengenal cemburu, ketika adiknya lahir dan perhatian tertuju semua kepada si adiknya maka uring uringan pun muncul pada diri anak, itulah sibling rivalry, artinya rival dengan saudara kandung. dalam hal ini orang tua harus dapat bersikap adil, kecemburuan ini adalah akhibat ulah orang tua juga yang memberikan apapun demi anak ketika adiknya belum lahir, nah dirasakan berat bagi anak ketika perhatian itu berubah menjadi kemarahan dari orang tua ketika dia mengharapkan kasih sayang tadi.
untuk itu ada baiknya kalau orang tua mulai menyadari hal ini dan memberikan perhatian yang khusus bagi dia, bukannya kemarahan yang dia terima. kemudian juga bersikap adil, jangan terus perintah perintah.. jaga adiknya, ini buat adik, kakak haru mengalah, kakak udah gedhe jadi tidur sendiri, danseterusnya dan seterusnya. bersikap sabar dan bersedia memahami psikologi anak mutlak diperlukan orang tua untuk mengatasi sibling rivalry ini.

0 thoughts on “mengatasi sibling rivalry

  1. bagaimana kalo kita sbg ortu baru menyadari setelah mereka sdh agak besar? stlh 4 th? karena ternyata mereka selalu berebut dan ribut? apakah masih bisa di perbaiki? bagaimana caranya? trimakasih.

  2. tetap masih bisa bu… pepatah bilang tidak ada kata terlambat. yang penting sebagai ortu memahami karakter anak dan memamhi keadaan psikologinya, kemudian bersikap bijak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *