Menggali ajaran patrap yang lama terpendam

Patrap atau ihsan sudah lama tidak digunakan dengan berbagai alasan. Kalau saya Patrap sangat bermanfaat sekali bagi siapapun yang akan belajar mengenal Allah. Patrap menjadi jalan pintas bagaimana dapat merasakan betapa Allah itu sungguh ada, kehendak bisa kita rasakan secara riil. sewaktu saya belajar patrap dengan bapak Haji slamet Utomo, saya diajarkan bagaimana secara instan mengalami kekosongan jiwa, sayapun menjerit dan terjatuh kebelakang. meski hanya sekejap rasa kosong itu namun pengalaman pertama itu tidak akan pernah saya lupakan.
kemudian, sebelum patrap saya juga pernah belajar ilmu gerak rasa yang diajarkan oleh Ustad Muhammad Muin solo. dan gerak patrap pun sebenarnya sebelumnya sudah diajarkan oleh Ust Muhammad. berpadunya ilmu dari beliau berdua yaitu dari Ust Muhammad dan dari Bp Haji Slamet Utomo dengan patrapnnya, semakin menguatkan saya bahwa ajaran ini harus saya lanjutkan.
saya membagi patrap menjadi tiga tahap:
tahap pertama :
Patrap Gerak, yaitu patrap gerak dengan gerakan besar, atau gerak kasar. latihan ini biasanya dilakukan di lapangan, peserta diajarkan bagaimana secara kuat dan keukeuh menuju kepada Allah, hingga mengalahkan jasadnya. latihan ini tidak bisa dilakukan sendirian harus dibawah bimbingan tentor.
tahap kedua
gerak rasa, yaitu patrap dengan mengikuti gerakan halus yang mengalir dalam tubuh kita dengan tetap sambung ke Allah. Kekekuatan ke Allah, setelah melatih pada patrap gerak kasar maka peserta akan mengenal gerakan halus yang mengalir dalam dirinya. gerak halus ini terus diikuti. gerak halus ini dapat mempertajam rasa kita.
patrap diam
jika patrap gerak halus sudah di kuasai maka latihan berikutnya adalah patrap diam patrap ini nantinya bisa dikombinasikan dengan dzikir nafas.

6 thoughts on “Menggali ajaran patrap yang lama terpendam

  1. Assalamu’alaikum wr wb
    setelah bikin tutorial dzikir nafas, bikin juga dong tutorial patrap 1-3 sbg bahan penyegar ingatan. Matur nuwun..

  2. kalau belajar patrap kira2 berapa lama untuk bisa wushul ke Allah Swt ? mohon penjelasan nya. matur suwun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>