Menggugat sholat berjamaah

Ada satu ganjalan hatii saya ketika saya menjalankan sholat berjamaah. Ada semacam pertentangan batin antara saya menjalankan perintah sholat berjamaah dengan menjalankan ibadah yang Tumakninah. Seolah saya dihadapkan dua pilihan : mau fadhilah berjamaah atau mau fadhilah sholat tumakninah. Dua duanya bagi saya sangat penting sekali dimana berjamaah setengah wajib bagi saya karena saya laki laki kemudian sholat yang tumakninah menjadi syarat shahnya sholat, jika kita tidak tumakninah maka sholat kita tidak syah. Padahal kalau saya sholat berjamaah pasti tidak ada masjid yang sholatnya tumakninah, semua rata rata sholat berjamaah dengan meninggalkan tumakninah.

Tulisan saya ini tidak bermaksud untuk meninggalkan sholat berjamaah namun ada baiknya kita sama sama memperbaiki sholat tumakninah ini secara berjamaah. Dimana Imam berusaha untuk sholat tidak cepat, dan makmum mau mengikuti imam dan menyadari kalau Imam sholatnya memang tidak tergesa gesa.

Kenyataan di mana mana saya kira tidak hanya di Indonesia, semua sholat wajib yang dilakukan masjid tidak ada yang Tumakninah. Semua inginnya cepat selesai, baik Imam maupun Jamaahnya. Bagi anda yang tidak pernah belajar sholat khusyu pasti enjoy enjoy saja dengan kenyataan tersebut, tapi bagi anda yang sudah pernah belajar sholat khusyu dan ingin mengamalkan sholat khusyu tersebut pasti akan mengalami dilema mau khusyu atau mau berjamaah.

Para imam masjidlah yang seharusnya bertanggung jawab penuh jika sholat jamaah yang dilakukan tidak syah karena tidak tumakninah. Imam harus mau untuk merubah budaya sholat cepat dengan budaya sholat yang tumakninah. saya kira tidak ada salahnya jika para imam ini di latih sholat yang tumakninah kemudian para imam ini menyebarkan dan mendakwahkan kepada jamaahnya masing masing di masjid tempat beliau beliau menjadi Imam.

Sholat berjamaah ini sangat penting bagi kaum muslim selain sebagai penambah ukhuwah sholat berjamaah bisa menjadi obat bagi jiwa karena ada rasa satu dengan jamaah lainnya namun akan menjadi masalah jika tujuan utama sholat ini malah di abaikan oleh Imam dan jamaah sholat. Satu hal yang penting dan mudah kita lakukan yaitu sholat yang tumakninah. Jka tumakninah sholat ini kita tinggalkan maka sholat sudah tidak bisa dijadikan senjata lagi bagi kita. Kalau imam ngebut dan makmum senang dengan ngebutnya imam maka dipastikan sholat berjamaahnya tidak ada manfaatnya.

Inilah permasalahan umat yang utama dimana kita telah menjadi pencuri sholat, imam pencuri sholat dan diiyakan oleh semua jamaah. Pencuri sholat ini di sebutkan dalam hadis sebagai sehebat hebatnya pencuri. pencuri sholat adalah mereka yang tidak tumakninah dalam sholatnya. Tentunya kita harus mulai sadar tentang hal ini sehingga perbaikan islam ini terus terjadi. Jika kita tidak mau berubah perilaku sholat kita maka islam tidak akan  bisa akan menjadi baik. Terlebih lagi orang orang yang mengecam sholat yang tumakninah , orang orang yang mengecam sholat khusyu dengan tuduhan sesat atau lainnya pasti ini adalah musuh dalam selimut.

Kita perbaiki sholat kita melalui sholat berjamaah yaitu berjamaah yang tidak meninggalkan tumakninah. Saya yakin jika sholat berjamaah kita tumakninah maka akan terjadi perubahan dalam jiwa umat islam ini, karena banyak pelajaran jiwa dalam tumakninah ini, kesabaran, ketaatan, ke istiqomahan dan kekuatan mental . jika ini ada pada sholat berjamaah kita maka saya yakin sholat kita akan menjadi tempat untuk membangun kekuatan.

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

14 thoughts on “Menggugat sholat berjamaah

  1. Assalamu’alaikum Wr Wp
    Bagi laki2 diwajibkan sholat berjamaah dimasjid dan perempuan diwajibkan dirumah itu yang diperintahkan oleh Allah Swt, memang sebaiknya sholat berjamaah tidak meninggalkan tumakninah. tapi lalu boleh meninggalkan sholat berjamaah dimasjid itu salah besar, yang penting didalam sholat harus yakin dan iklas dalam menjalankan sholat semata2 karena perintah Allah swt. mohon maaf bagi yang sudah pernah belajar sholat khusyu seolah2 anda yang merasa benar dan lainnya salah, kalau anda merasa benar berarti anda wajib mengajarkan sholat khusyu kepada orang diseluruh dunia kalau anda tidak bisa allahhuaklam wassalam

  2. Ass wr wb salam sejahtera untuk saudar2 ku semua saya ingin urun rembuk sedikit ya. Klau saya setuju dAn merasa semuanya benar klau mas ahmad mengingatkan kita bahwa kita diperintah Allah SWT untuk sholat berjamaah dan saya setuju juga sama pendapat mas setiyo tentang sholat harus tumakninah , jadi agar keduanya bisa dijalani yaitu dengan cara tetap sholat berjamaah dimasjid dan memperbanyak sholat sunatnya sendirian agar bisa dengan tumakninah jadi terasa batin bisa seimbang.
    Begitu urun rembuk saya dan mohon sebanyak2 nya untuk saudaraku semua klalau pendapat saya kurang berkenan karena saya hrs msh banyak belajar untuk mendalami islam tks wassalamu alaikum wr wb

    • waalaikum salam wr wb terimakasih sharingnya Om Harjo …. sekarang ini umat islam yang berjamaah di masjid sudah banyak, dan masjid jugasudah banyak bahkan ditempat saya tiap RT ada masjidnya. Tulisan saya ini untuk saling ingat mengingatkan bahwa sholat apapun itu berjamaah atau tidak harus tumakninah.

      • Assalamu’alaikum wr wb
        marilah kita makmurkan masjid dimana saja yakinlah bahwa imam2 yang ditunjuk takmir insyaalah sudah memenui keteria terbaik, betul apa yang dikatakann oleh bapak ragiel masih ada sholat sunnah, ayo berjamaah di masjid karena Allah berjanji ada 27 pahala yang akan kita peroleh
        wassalamu’alaikum

  3. assalamualaikumm wr. wb. ijinkan saya urun rembug.. semoga tulisan ini bermanfaat… pada dasarnya sholat hukumnya adalah wajib ain yaitu wajib bagi masing-masing orang yang mengaku muslim baik laki2 maupun perempuan yang seharusnya dijalankan sesuai syarat syahnya yang salah satunya adalah tumakninah ( tenang ).. jadi ini dulu yang wajib dipenuhi .. tetapi kalau sholat yang dilakukan scr berjamaah terus kemudian syarat tumakninah tsb tidak dilakukan… ya kita jalankan sendiri saja sesuai skala prioritasnya yaitu fardu ain tsb…

  4. Ass wr wb salam dan sholawat unt nabi muhammad saw semoga tercurah juga untuk kita semua . Memang yang saya rasakan sejak saya klas 2 smp menjalankan sholat sunahsecara sendiri terasa sekali tumakninahnya sampai kita tanpa terasa meneteskan airmata . Juga apa yg disampaikan mas setiyo benar juga dan saya merasakan sendiri memang trs Terang kurang tumakninahnya namun yg disampaikan mas ahmad benar juga mengingatkan kita wajibnya berjamaah dimasjid .maka kadang saya bingung dan takut mana yg hrs kita pilih walaupun kita mencoba berjamaah dan tdk bs tumakninah dikrn kan makmumnya tdk semuanya muda malah banyak yg tua dan klau sholat berjamaahnya dibuat tumakninah banyk yg tua nantinya takut ke masjid krn tidak kuat berlama lama . Mohon maaf semuanya klau tulisan saya kurang berkenan krn baru belajar ikut nimbrung berkomentar terikasih . Semoga Allah melimpahkan rahmad,hidayah,inayah dan barokah serta umur panjang yg barokah kesehatan yg barokah kepada kita semua yg haus ilmu yg menuju unt kemajuan islam dan siar dan orang yg mau berbagi ilmu amiin dan salam unt keluarga disolo mas setiyo dari keluarga yg dimalang
    Wass wr wb

    • waalaikum salam wr wb Om Harjo, terimakasih sudah mampir ke web yayasan solo spirit islam yang saya kelola ini, dan terimakasih juga sudah bersedia berbagi dengan kita di pengunjung web ini. Penekanan tulisan saya sebenarnya kritik pada masjid masjid yang sholatnya meninggalkan tumakninah, dan ini lambat laun harus di rubah. semoga nanti Allah Memberikan kemudahan. Salam untuk keluarga di Malang.

  5. saya yakin tidak ada yang mengajarkan solat tanpa tumakninah, cuma masalah lama tidaknya waktu tumakninah. Yang solatnya cepat kalau ditanya tentu jawabnya sdh melaksanakan tumakninah. Masih ada solat 2 sunat yang bisa tumakninahnya lebih panjang.

  6. tidak thumaninah berarti gak syah sholatnya wajib mengulangi..sahabat aja ada yg di suruh ngulang2 sholat gara2 gak thumaninah krn di mata rosul itu belum sholat

  7. kalo saya malah lebih khusyu kalo sholat sendirian ,tp tetap akan berusaha khusyu dlm sholat berjamaah ..Aamienn..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *