Ada satu ganjalan hatii saya ketika saya menjalankan sholat berjamaah. Ada semacam pertentangan batin antara saya menjalankan perintah sholat berjamaah dengan menjalankan ibadah yang Tumakninah. Seolah saya dihadapkan dua pilihan : mau fadhilah berjamaah atau mau fadhilah sholat tumakninah. Dua duanya bagi saya sangat penting sekali dimana berjamaah setengah wajib bagi saya karena saya laki laki kemudian sholat yang tumakninah menjadi syarat shahnya sholat, jika kita tidak tumakninah maka sholat kita tidak syah. Padahal kalau saya sholat berjamaah pasti tidak ada masjid yang sholatnya tumakninah, semua rata rata sholat berjamaah dengan meninggalkan tumakninah.

Tulisan saya ini tidak bermaksud untuk meninggalkan sholat berjamaah namun ada baiknya kita sama sama memperbaiki sholat tumakninah ini secara berjamaah. Dimana Imam berusaha untuk sholat tidak cepat, dan makmum mau mengikuti imam dan menyadari kalau Imam sholatnya memang tidak tergesa gesa.

Kenyataan di mana mana saya kira tidak hanya di Indonesia, semua sholat wajib yang dilakukan masjid tidak ada yang Tumakninah. Semua inginnya cepat selesai, baik Imam maupun Jamaahnya. Bagi anda yang tidak pernah belajar sholat khusyu pasti enjoy enjoy saja dengan kenyataan tersebut, tapi bagi anda yang sudah pernah belajar sholat khusyu dan ingin mengamalkan sholat khusyu tersebut pasti akan mengalami dilema mau khusyu atau mau berjamaah.

Para imam masjidlah yang seharusnya bertanggung jawab penuh jika sholat jamaah yang dilakukan tidak syah karena tidak tumakninah. Imam harus mau untuk merubah budaya sholat cepat dengan budaya sholat yang tumakninah. saya kira tidak ada salahnya jika para imam ini di latih sholat yang tumakninah kemudian para imam ini menyebarkan dan mendakwahkan kepada jamaahnya masing masing di masjid tempat beliau beliau menjadi Imam.

Sholat berjamaah ini sangat penting bagi kaum muslim selain sebagai penambah ukhuwah sholat berjamaah bisa menjadi obat bagi jiwa karena ada rasa satu dengan jamaah lainnya namun akan menjadi masalah jika tujuan utama sholat ini malah di abaikan oleh Imam dan jamaah sholat. Satu hal yang penting dan mudah kita lakukan yaitu sholat yang tumakninah. Jka tumakninah sholat ini kita tinggalkan maka sholat sudah tidak bisa dijadikan senjata lagi bagi kita. Kalau imam ngebut dan makmum senang dengan ngebutnya imam maka dipastikan sholat berjamaahnya tidak ada manfaatnya.

Inilah permasalahan umat yang utama dimana kita telah menjadi pencuri sholat, imam pencuri sholat dan diiyakan oleh semua jamaah. Pencuri sholat ini di sebutkan dalam hadis sebagai sehebat hebatnya pencuri. pencuri sholat adalah mereka yang tidak tumakninah dalam sholatnya. Tentunya kita harus mulai sadar tentang hal ini sehingga perbaikan islam ini terus terjadi. Jika kita tidak mau berubah perilaku sholat kita maka islam tidak akan  bisa akan menjadi baik. Terlebih lagi orang orang yang mengecam sholat yang tumakninah , orang orang yang mengecam sholat khusyu dengan tuduhan sesat atau lainnya pasti ini adalah musuh dalam selimut.

Kita perbaiki sholat kita melalui sholat berjamaah yaitu berjamaah yang tidak meninggalkan tumakninah. Saya yakin jika sholat berjamaah kita tumakninah maka akan terjadi perubahan dalam jiwa umat islam ini, karena banyak pelajaran jiwa dalam tumakninah ini, kesabaran, ketaatan, ke istiqomahan dan kekuatan mental . jika ini ada pada sholat berjamaah kita maka saya yakin sholat kita akan menjadi tempat untuk membangun kekuatan.