Menggunakan pikiran tidak untuk berpikir

kajian little madinah kemarin, saya menyampaikan bagaimana agar pikiran ini berfungsi sebagaimana mestinya. orang yang selalu berfikir ternyata tidak mengalami banyak kemajuan… tapi justru orang yang menggunakan pikirannya tidak untuk berpikir malah mendapatkan banyak kemajuan. pendapat ini tentunya menyalahi pandangan kita sebelumnya yang selalu mengedapankan pikiran.

ya sebenarnya sama saja dengan perasaan … tidak menggunakanperasaan untuk merasakan…. maka kita akan banyak merasakan … .

manusia memiliki kecenderungan untuk mengikuti nafsunya hal ini tercermin dari bagaimana persepsinya, cara pandangnya dan lain lain … nafsu ini punya arah yang tidak baik. Nah salah satu jalurnya adalah pikiran, pikiran sering menjadi tunggangan atau menjadi kendaraan nafsu untuk arah yang tidak baik. bahkan ada yang sangat parahnya sampai sampai tidak bisa mengendalikan pikirannya.

baik sekarang mari kita kaji lalu pikiran kita gunakan untuk apa kalau tidak untuk berpikir. fungsi pikiran yang mungkin kurang kita perhatikan adalah kemampuan nya untuk menangkap insight/blink… nah pada keadaan insght  atau blink ini kita sebelumnya kita menghentikan pikiran kita misalnya dengan relaks dan santai.

pada kajian little madinah kemarin saya menjelaskan kepada peserta bahwa rasulullah dalamseluruh hidupnya dipenuhi dengan “blink” dalam level “mukjizat yaitu wahyu”… nah kita pun seharusnya meniru cara rsulullah yaitu “blink” pada level ilham. untuk itu cara yang paling praktis untuk mendapatkan blink adalah dengan silatun dilanjutkan dengan pasrah hingga mencapai keadaan zero. karena zero adalah posisi tidak berpikir aliar kosong alias nol.  nah pada keadaan inilah kita menggunakan pikiran tidak untuk berpikir tapi untuk menerima ilham dari Allah

(materi kajian little madinah : 3 april 2011, bertempat di Tohudan colomadu karanganyar, di rumah Ibu Rudi)

 

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

One thought on “Menggunakan pikiran tidak untuk berpikir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *