Menghentikan pikiran ketika sholat

Menghentikan pikiran dalam sholat caranya dengan mengaktifkan kesadaran kita kepada Allah. kesadaran adalah level yang lebih tinggi dari pada berpikir (sadar bukanlah kerja pikir), jika kita mengaktifkan kesadaran kita (dalam hal solat kita arahkan ke Allah) maka pikiran akan mengikuti kesadaran tersebut, artinya pikiran tidak bekerja sendiri dia mengikuti kesadaran kita. ketika pikiran mengikuti kesadaran sedangkan kesadaran kita fokuskan kepada Allah maka lama lama pikiran akan relaks dan tenang, pada saatnya pikiran tersebut akan menjadi istirahat total alias “tidak berpikir”.

menghemtikan pikiran saat sholat ini sangat penting jika kita ingin sholat kita menjadi khusyu, pikiran yang kemana mana tanpa arah yang jelas dan fokus maka sholat kita tidak akan khusyu.

jadi apa yang kita baca dan kita lakukan (gerakan sholat) kita wujudkan dalam bentuk kesadaran bukan berfikir, misalnya ketika kita sujud , bukan kita berpikir tentang sujud atau berserah, namun kita sadar sedang bersujud di depan Allah. misalnya kita sedang takbir bukan berpikir tentang kebesaran Allah tapi kita sadar bahwa Allah yang didepan kita maha agung. semua bacaan dan gerakan adalah kesadaran kita selama kita sholat.