Menghilangkan keraguan semasa sholat

Sholat terdiri dari bacaan dan gerakan yang memiliki maksud atau makna. Pikiran kita lari kemana mana saat sholat karena disebabkan oleh kurang fokusnya kita kepada apa yang kita ucapkan dan lakukan. Hal ini mungkin bisa jadi karena kita masih ragu kepada Allah saat sholat. Misalnya ragu saat kita rukuk , bahwa rukuk adalah penghormatan tertinggi kepada Allah. karena kita kurang yakin kepada Allah sehingga rukukpun jadi kurang mantab, atau terasa mengambang.  Dalam sholat sebaiknya kita menghilangkan keraguan kita kepada Allah.

Orang yang menganggap Allah itu berada di atas dan tidak disini, atau mereka yang beranggapan bahwa yang dekat dengan kita bukan Allah tapi sifat Allah maka bisa dipastikan sholatnya tidak akan bisa mantab dalam berkomunikasi kepada Allah. Pendapat pendapat yang menyesatkan yaitu pendapat yang menjauhkan umat islam dengan Allah nya dapat menimbulkan keraguan dalam sholat. Pemahaman ini akan menyebabkan sholat tapi tidak menghadap Allah.

sewaktu solat kita harus yakin kepada Allah bahwa kita sedang menghadapNya. yaitu menghadap Allah yang maha dekat. Jangan ragu bahwa Allah memang berada di dekat kita. kalau Allah sudah di yakini maka selanjutnya adalah tidak melakukan apa apa kecuali apa yang dilakukan saat sholat. maksudnya begini jika kita rukuk maka tidak ada aktifitas lain selain itu kecuali tunduk kepada ALlah, menghormat Allah. Pikiran tidak boleh pergi kemana mana, pikiran kita paksa untuk tunduk patuh kepada Allah. Demikian pula dengan gerakan dan bacaan sholat yang lain. pikiran dan hati kita tidak boleh melakukan apa apa kecuali hanya melakukan apa yang terkandung dalam bacaan dan gerakan sholat tersebut.

Dengan cara ini kita akan merasakan betapa komunikasi dengan Allah sangat nikmat. Kesungguhan rukuk kepada Allah akan menimbulkan efek ketenangan dan kenikmatan dalam sholat. Kita yang ingin mengulang-ulang nikmatnya sholat dapat mempraktekan cara saya inil. insya Allah apa yang rasakan akan dapat kita ulang dan ulang lagi. dan anda insya Allah akan ketagihan sholat, kecanduan sholat dan ingin sholat terus. semoga Allah meridloi.

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

11 thoughts on “Menghilangkan keraguan semasa sholat

  1. Semoga alloh selalu memberi anda kesehatan mas, membaca blog ini serasa ngecas (ngaji) dengan hanya bermodalkan handphone ditangan , amin

  2. lha ini mas Pur yang perlu terus saya tingkatkan.. kesadaran bahwa saya sedang sholat ,sedang dengan Allah….mohon saya dibimbing dan didoakan terus,matur suwun

  3. Pak Pur..sungguh tuntas. penerangan ini..Sholat yg Pak Pur kata ini memang membuat pesholat kecanduan..Syukur ya Allah, terima kasih Pada Ustaz..

  4. Alhamdulillah,
    Terima kasih saya ucapkan kepada Tuan Ustaz Setiyo,
    Dengan mempraktikkan solat seperti yang Ustaz ajarkan terutama kesungguhan rukuk dan sujud kepada Allah SWT menimbulkan efek ketenangan dan kenikmatan dalam sholat .Ini menjadikan komunikasi dengan Allah sangat nikmat. Alhamdulillah.

  5. Maaf Ustadz Setyo bagaimana cara saya bisa mempraktekan petuah-petuah bpk, karena saya masih belum mencapai yang pak ustadz ajarkan, apa Alloh belum membuka hati saya? terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *