mengikuti nafas berarti mengikuti fitrah

ada perbedaan yang jelas antara mengikuti nafas dan mengatur nafas. mengikuti nafas berarti mengikuti fitrah tapi kalau mengatur nafas berartii mengikuti hawa nafsu. Jelas mengikuti fitrah merupakan suatu hal yang positif, dan mengatur nafas itu jelas negatif.

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

One thought on “mengikuti nafas berarti mengikuti fitrah

  1. Assalamu’alaikum wr wb.
    Maaf Pak Ustad mau sharing nih.! Tolong lurusin kalau kurang pas, Terima kasih.

    HAL : DZIKIR NAFAS
    Yang kita harus pahami tentang dzikir Nafas antara lain :
    Dzikir : Suatu kegiatan yang disengaja untuk ingat / sadar Allah SWT
    Nafas/ Nafs : Diri kita ( Aku )
    Napas : Keluar Masuknya udara pada paru-paru
    Mengikuti : artinya pasrah, rela kepada subyek yang diikuti tidak ada penolakan sedikitpun. Jadi pikiran dan syahwat tidak berperan ( pasif )
    Mengatur : disini Pikiran dan syahwat yang berperan ( aktif )
    Jadi Dzikir Nafas : Nafs yang sadar Allah mengikuti Napas bukan Mengatur Napas
    Artinya Mengikuti Napas :
    Biarkan Napas ( Keluar-masuknya udara pada paru-paru ) berjalan sesuai Sunatullah , rilek,santai, injoi jangan dipikir-pikir biar bergerak lepas mengikuti dorongan gerak dari Allah SWT , Nah kalau sudah begitu baru Nafs / Aku yang sadar Allah ini nimbrung pasrah rela untuk mengikuti dorongan gerak Napas keluar masuknya udara pada paru-paru itu, dengan KATA LAIN : biarkan Nafs ( Aku ) membonceng dan minta gendong pada dorongan gerak Napas keluar masuknya udara pada paru-paru dan ucapankan dengan Fitrah kita : lafat Hu… jika napas udara masuk ke paru-paru, dan lafat Allah… jika napas udara keluar dari paru-paru. Insya Allah Dzikir Nafas terasa nikmat dan dekat dengan Allah, tunggu ada pengajaran apa dari Allah SWT.
    Artinya Mengatur Napas :
    Dari kata saja sudah kelihatan : mengatur berarti yang aktif adalah pikirannya bahkan bisa dengan nafsunya yang mempunyai kegiatan.
    Jadi dzikir Mengatur Napas ini : Napas keluar-masuknya udara pada paru-paru, Kita atur dan kita sesuaikan dengan lafat dzikir Hu… .apabila udara masuk ke paru-paru dan lafat dzikir Allah…jika udara keluar dari paru-paru,Kita lupa bahwa Napas ( Keluar-masuknya udara pada paru-paru ) kita itu adalah Sunatullah/atas Kehendak Allah SWT. Bukan dari olah pikiran kita apalagi dari nafsu kita.Maka dzikir model ini akan terasa sesak napas, pusing-pusing atau mual-mual dbs.
    Kesimpulannya : DZIKIR NAFAS : NAFS ( AKU) MENGIKUTI RELA DAN PASRAH KEPADA GERAK NAPAS DENGAN LAFAT HU… UDARA MASUK PARU-PARU, DAN LAFAT ALLAH… UDARA KELUAR PARU-PARU. Wassalam. Maaf Pak Ustad.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *