Mengkloning Ust Abu Sangkan (1)

Beberapa trainer sholat khusyu (sejauh yang saya ketahui) memiliki kemiripan dalam gaya penyampaian, gaya bicara, gerak gerik, bahkan sampai pada logat ¬†yang sama dengan Ust Abu Sangkan. Pernah juga saya mengikuti patrapan yang dipimpin oleh seorang patrapis .. sangat mirip sekali dengan Ust Abu sangkan baik materinya, gaya bicara nya dan cara membawa jamaah ke Allah… internalisasi sosok abu sangkan ketika menyampaikan sholat khusyu sangat diresapi oleh trainer yang bersangkutan sehingga menguasai bawah sadarnya hal inilah yang menyebabkan trainer sholat khusyu tersebut seperti “meng klon ning” ust Abu Sangkan. Ini memang cara yang palingmudah dan paling efektif namun akan memiliki kelemahan terutama jika tingkat pemahaman Ust Abu dan trainer tersebut berbeda. bisa jadi dalam menyampaikan gaya sama logat sama tapi tidak di pahami oleh audience. hal ini sangat mungkin terjadi karena transfer pemahaman lewat pemahaman bukan lewat gaya yang hampir mirip ust Abu Sangkan.

saran saya coba ambil daya nya kemudian sampaikan daya tersebut kepada Audience dengan bahasa dan gaya menurut style kita masing masing. sehingga nanti nya kita akan dituntut untuk paham dulu sebelum menyampaikan. dan jika kitabisa mengambil daya Abu Sangkan terhadap apa yang beliau Ajarkan kemudian disampaikan sesuai dengan style kita maka audience akan menerima daya tersebut. meski tentu saja daya tidak sebesar jika kita langsung dengan ust Abu Sangkan.

Bagaiamana mengambil daya dari ajaran ust abu sangkan?… ikuti tulisan saya berikutnya … insya Allah …

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

2 thoughts on “Mengkloning Ust Abu Sangkan (1)

  1. Kami tunggu lanjutannya Mas Pur,
    Kadang2 Ust. Abu dalam penyampaian dengan gaya yang lucu/menghibur sehingga banyak jamaah yang tertawa. kenapa pada saat yang sama saya sering tertunduk merasakan getaran di dada ini tanpa bisa tertawa terbahak-bahak.
    Salam.

  2. Iya mas…kadang dbalik seloroh atow nada bicara Ust. Abu seolah-olah kita diajak ke sebuah suasana, dan sy sering mrskan itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *