menjadikan efek sujud sebagai reflek pasrah

sujud merupakan penginstalan pasrah dalam diri kita, semkain lama dan semakin sering kita melakukan sujud maka instal an sikap pasrah pada diri kita akan semakin kuat.

orang membutuhkan gerak reflek dalam mengatasi tiap masalahnya. gerak reflek ini terbentuk dari kebiasaan kita melakukan sesuatu. misalnya ketika kita terbiasa berkata yang tidak baik maka ketika kita mendapatkan masalah maka perkataan yang keluar adalah yang tidak baik. sebaliknya jika kita sering dan lama dalam sujud (dalam sholat) maka kita akan terbiasa dengan sikap pasrah kepada Allah. ketika kita menghadapi masalah atau ketika kita mengahadapi keadaan yang tidak sesuai dengan keinginan kita maka reflek yang ada pada dalam diri kita ada lah pasrah.

jadi tidak perlu berniat reflek, karena sudah terjadi otomatisasi dalam diri kita. hal ini tentunya sangat menguntungkan kita jika reflek yang kita miliki adalah sesuatu yang baik. kita akan menjadi orang yang “tidak perlu” daya untuk berbuat atau untuk menjadi baik.

nah kenapa sujud, sebab sujud adalah cara praktis untuk membiasakan diri untuk pasrah , dan pasrah adalah sumber dari perbuatan baik, sumber dari ihlas adalah pasrah, jadi kalau kita sering sujud maka diri kita akan menjadi orang yang punya sikap pasrah kepada Allah.

maka perkuat efek sujud dalam diri kita sehingga menjadi “frame” dalam tiap hidup kita. cara memperlama sujud adalah dengan sujud yang lama dan kesadaran kita berpindah dari tubuh yang sujud berpindah kepada jiwa yang pasrah.

link terkait dari artikel ini adalah :

  1. http://solospiritislam.com/2011/03/15/pelatihan-sholat-khusyu-advanced/
  2. http://solospiritislam.com/2011/03/15/pelatihan-sholat-khusyu-advanced-2/
  3. http://solospiritislam.com/2011/03/13/perbedaan-jiwa-dan-ruh/
  4. http://solospiritislam.com/2011/03/18/ruh-berbeda-dengan-nafs-dan-nafs-berbeda-dengan-jasad/

 

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

One thought on “menjadikan efek sujud sebagai reflek pasrah

  1. pak pur bagemana caranya supaya sujud lama tapi di dahi tidak ngapal atau tidak bekas titik hitam di dahi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *