Categories
amanah

Menjalankan amanah di luar nalar

Kalau itu amanah Allah yang Allah berikan kepada kita maka siap saja, bersedia saja. Ya kuncinya adalah siap sedia. setelah siap sedia maka jalankan berdasarkan tanda yang Allah berikan, tanda itu menempel di amanah yang Allah berikan. contoh mudahnya adalah jika kita di amanahi anak ,  si anak lebih sering di kamar dan kurang komunikatif dengan orang tua, tanda lain anak sudah menginjak usia remaja atau sudah SMA, berarti perintah orang tua adalah memahami perkembangan anak remaja.

baik saya akan bahas disini jika amanah itu diluar nalar misalnya seorang yang bekerja sebagai marketing di perusahaan, dia setiap bulan target target yang bombastis, yang itu di luar nalar atau di luar jangkauan akal pikirananya. Maka kata pertama yang harus di ucapkan untuk amanah di luar nalar itu adalah “siap” bukan mengeluh ini dan itu. Setelah siap dengan amanah di luar nalar yaitu dengan target yang bombastis, selanjutnya adalah  memperhatikan tanda tanda yang ada, catat tanda tanda tersebut dan di baca dibalik tanda tersebut apa yang harus dilakukan. Jika tanda dan perintah sudah jelas maka segera jalankan jangan berpikir macam macam, cukup perintah yang jelas tinggal di jalankan saja.

ketika kita menjalankan amanah di luar nalar, maka hilangkan nalar kita dan teruslah untuk menjalankan (ingat … ini karena tanda sudah jelas jadi fokus pada melakukan bukan pada berpikir). Berpikir dilakukan ketika membaca tanda dan membaca perintahnya apa. ketika sudah menjalankan maka tinggal di jalankan dan jalankan, . Mungkin ditengah tengah menjalankan pikiran terpikirkan sesuatu maka catat dan segera jalankan setelah perintah sebelumnya selesai dijalankan.

Dengan cara ini maka amanah di luar nalar akan selesai kadang pertolongan Allah secara ghoib  muncul ..

By Setiyo Purwanto

Trainer dan Peneliti psikologi islam
Dosen Fakultas Psikologi UMS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.