Mensinkronkan sadar Allah dengan Amanah

Seringkali kita berperilaku tanpa landasan kesadaran sama sekali, kita berjalan seperti robot yang tidak punya kesadaran, tentunya ini tidak sesuai dengan ajaran islam, sebab segala tindakan harus di sertai dengan niat artinya harus disertai dengan dengan kesadaran yang benar. akibatnya apa yang kita lakukan tidak terarah tidak berkembang dan seringkali menemui kegagalan, ketidak efektifan dan ketidak efisienan. Ketika kita menjalankan suatu tugas, seharusnya yang menjalankan adalah semua instrumen yang kita miliki. kesadaran adalah instrumen yang sangat penting yang dapat memberi kekuatan dalam bertindak.

Kekuatan kesadaran ini sangat tergantung dari “di level mana kesadaran kita”. Ada orang yang bekerja karena keluarga maka kekuatan dia ada pada “karena anak dan istri”, sehingga mereka benar benar banting tulang kehidupan anak dan istrinya. Ada yang kesadarannya ada pada komitmen kepada perusahaan maka dia berani bekerja keras untuk memajukan perusahannya. Ada yang karena cinta terhadap pekerjaan itu sendiri. ini juga dapat membawa semangat yang luar biasa. Ada juga yang karena uang, agar dengan uang ini bisa untuk ini dan itu, melancong kesana dan kesini, makan di sana dan disini, dan kesenangan lainnya. Nah niat karena materi itu saja sudah dapat membawa kepada semangat kerja yang luar biasa. Sekarang kesadaran kita kita letakkan kepada kesadaran akan Allah , bekerja karena menjalankan amanah Allah.  Kekuatan karena Allah akan sangat berbeda kekuatan karena keuarga, kekuatan Allah akan jauh beda dengan kekuatan karena perusahaan, kekuatan karena Allah akan beda dengan kekuatan karena uang.

kekuatan karena Allah inilah yang disebut dengan ihlas, lebih lengkapnya ihlas lilahitaala. Maka ketrampilan atau skill yang harus kita miliki yang pertama adalah memahami dan menjalankan tentang sadar Allah (anda dapat melatihnya dengan dzikir nafas). yang kedua anda harus belajar tentang amanah. dan yang pasti yan g ketiga adalah anda harus belajar tentang sinkronisasi antara sadar Allah dengan amanah. 3 hal ini jika anda pelajari dengan kesungguhan maka akan mendatangkan suatu manfaat yang sangat luar biasa dalam kehidupan kita.

satu alasan mengapa hal itu memberikan menfaat adalah karena apa yang kita lakukan sesuai dengan apa yang dikehendaki Allah. Kalau antara kita dan Allah sudah sama sama satu tujuan, satu kehendak ya pastinya ALlah akan memberikan kemudahan, keajaiban. kata kuncinya adalah kita sama kehendakanya dengan Allah. ingat satu ayat : Wamakaru Wamakarallah Wallahu Khairulmakirin. Firman Allah Dalam surah Ali-Imran ayat 54 yg bermaksud: “Mereka merancang , Allah juga merancang , maka rancangan Allahlah yang akan berjalan. artinya kehendak Allah harus kita ketahui dan kita harus menjalankan sesuai dengan kehendaknya. rancangan ini kalau kita ikuti maka kita akan mendapatkan kemudahan, karena rancangan ALlahlah yang akan berjalan, tapi kalau kita tidak mengikuti rancangan Allah maka kegagalan, kesedihan dan lain sebagainya akan kita alami.