menulis adalah berkarya

tulisan  adalah hasil kecerdasan tidak peduli tulisan itu hebat panjang lebar atau sederhana atau sangat sedikit. MEnulis adalah kemampuan menuangkan apa yang di rasakan dan dipikirkan. Menulis dapat melatih otak untuk melakukan olah raga maka ada baiknya menulis dilakukan pada saat pagi hari. setiap menulis sebaiknya melepaskan hal hal yang membuat terkekang, seperti tulisan harus bagus, harus memenuhi aturan menulis. Menulis bukan untuk mengikuti aturan menulis adalah untuk menuangkan apa yang Allah ilhamkan dalam pikiran kita.

menulis ilham yang saya maksud adalah menulis dengan bebas. bebas menulis ini akan menjadikan kita merasa lega ketika selesai menulis. tulislah dengan cepat apa apa yang ada dalam pikiran. pikiran sebenarnya alat yang diberikan Allah kepada kita agar pikiran ini menangkap apa apa yang diilhamkan Allah. Ilham itu bisa baik dan bisa tidak baik, oleh karena itu ketika kita menulis kita harus banyak banyak silatuun kepada Allah agar apa yang kita tulis merupakan ilham baik.

menulis adalah memfungsikan otak pada tempatnya. otak fungsinya untuk membaca yaitu membaca kehendak Allah yaitu kehendak Allah yang diturunkan dalam pikiran kita yang berupa ilham. jika kita sering menulis maka pikiran kita akan cepat menanggapi sesuatu dan lebih mudah merespon sesuatu. ibarat petinju yang selalu berlatih memukul sag, ketika bertanding refleknya sudah muncul.

menulis adalah karya, hargailah tulisan kita sendriri, hargailah tulisan orang lain. jangan pernah mencela  tulisan sendiri. karya harus dihargai dan disyukuri sebagai rejeki dari Allah SWT.

seorang penulis tidak pernah berkecil hati jika tulisannya tidak dihargai orang lain  karena dia sudah merasa bersyukur sudah dapat menulis, syukur itu labih dari pujian dan penghargaan orang lain. kalaupun tulisan itu tidak ada yang membaca itu pun tidak menjadikan penulis menjadi berkecil hati karena tulisan itu adalah karya sudah memberikan kepuasan tersendiri bagi dirinya.

 

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

3 thoughts on “menulis adalah berkarya

  1. Assalamu’alaikum wr.wb Pak Ustad..!
    Maaf Pak Ustad , tulisan adalah bahasa yang tertuang yang bisa dan mampu untuk menjadi wakil atau mewakili dari makna/ isi yang terkandung dari siapa, bagaimana dan untuk apa bahasa tulisan itu hadir.
    Maaf pertanyaannya.! Bagaimana membedakan tulisan yang keluar itu ilham dari Allah dan tulisan yang keluar dari olah pikir seseorang.?
    Terimakasih Pak.! Wassalamu’alaikum wr,wb

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *