Menumbuhkan kesehatan spiritual pada pasien

efek dari fisik yang sakit akan berdampak kepada kesehatan spiritual pasien jika pasien memang memiliki kelemahan spiritual.  Seorang perawat Rumah sakit harus dituntut untuk dapat memberikan pencerahan spiritual psien agar kekuatan spiritual ini dapat memberikan kontribusi poisitif bagi pasien yang bersangkutan. ada beberapa hal yang mungkin bisa membantu pasien untuk dapat menguatkan sisi spiritualnya :

  • Bangunlah kesadaran pasien bahwa kondisi sakit adalah bentuk pengajaran dari Allah. Dimana dalam sakit ini banyak pelajaran hidup terutama pelajaran untuk ihlas dan sabar.
  • Beri keyakinan yang positif dan kuat pada pasien, bahwa setiap penyakit akan ada obatnya, karena Allah adalah Maha Penyembuh.
  • Dengan kedua kondisi di atas, diharapkan pasien akan lebih tenang, tentram, dan optimis terhadap keberhasilan proses penyembuhan dan perawatan yang dilakukan di rumah sakit serta akan memiliki sikap yang positif dalam menghadapi kejadian yang memburuk termasuk dalam menghadapi kematian.
  • Semakin meningkatnya keimanan pasien terhadap Allah SWT, karena banyak pelajaran dan hikmah kehidupan yang didapatkan selama proses perawatan di rumah sakit kita ini.

One Response

  1. aris eldurra 23/12/2011

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.