Menyerahkan seluruh keinginan kepada Allah

apa yang dilakukan setelah ingin… berdoa…setelah berdoa… ya menyerahkan nya kepada Allah…

dalam sujud kita berserah, termasuk menyerahkan keinginan kita, kenapa keinginan harus di serahkan? ada beberapa alasan :

1. agar kita tidak kepikiran

2. agar diproses sama allah

3. agar kita ihlas dan mensyukuri apa yang telah diberikan allah kepada kita, karena kalau keinginan selalu kita bawa kemana mana maka kita akan menjadi hamba yang selalu kekurangan, karena kita tahu bahwa keinginan adalah sesuatu yang belum terwujud.¬† maka disini kaum sufi melarang pengikutnya untuk panjang angan angan.. nah kalau kita boleh berkeinginan namun jangan berangan angan. ada perbedaan antara¬† berkeinginan dan berangan angan. jika keinginan itu dari allah kalau beranganangan itu datangnya dari kita, kalau keinginan itu datangnya sekali tapi kalau berangan angan terus menerus bahkan jika berkelanjutan bisa menjadi penyakit yaitu penyakit waham… delusi… kelnjutan bisa menjadi obsesi kompulsi yaitu suatu keinginan yang berulang ulang tanpa bisa dikendalikan dan menjadi penyakit.

4. biar hidup kita tetap tenang dengan berjuta keinginan… jarang lho orang yang hidup tenang dengan berjuta keinginan… nah dengan berserah kita akan merasa tenang.

0 thoughts on “Menyerahkan seluruh keinginan kepada Allah

  1. Betul pak pur, yang saya alami sekarang, setelah setahun bergabung dengan SC, dalam doa saya ke ALLAH, saya kok jadi gak berkeinginan macam-macam, yang saya rasakan sekarang saya hanya ingin dekat terus dengan ALLAH, padahal orang hidup itu kan butuhnya macam-macam, bagaimana ya pak??

  2. ya butuh itu awalnya dari ingin mas… nah kalau kita amati ingin itu datangnya tiba tiba… ternyata ingin juga datangnya dari Allah, berarti butuh juga dari allah nah kalau memang dari allah ya kita serahkan saja kepada allah. biar apa ya biar di proses. jadi mendeket ke allah , semakin mendekat keinginan kita akan semakin banyak dan kebutuhan juga semakin banyak…. tapi enaknya butuh itu kita serahkan kepada allah jadi ngagk mikir gitu… dan anehnya lagi jika mendekat nya benar.. ternyata semua tinggala menjalani semua sudah di atur.. apa ndak enak mas…

  3. Saya jadi merasa tercerahkan, Pak..terimakasih..
    Pak, saya mau tanya punya informasi halaqoh on line ga Pak? Trimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *