Menyoal kebenaran cerita syech siti jenar

syech siti jenar begitu legendaris, terutama dikalangan para sufi  dan kaum tarekat… Beliau bisa disejajarkan dengan al hallaj kalau di timur tengah. Tapi sayangnya dari berbagai cerita yang ada tentang beliau tidak ada yang sama , ada yang ini dan ada yang itu, sangat tergantung sekali background yang menceritakan. Kalau orang kejawen (setengan islam setengah jawa) maka syech siti jenar ini dipakai untuk melegitimasi kebenaran ajaran manunggaling kawulo gusti, sampai pada akhir cerita Beliau dibunuh oleh penguasa yang syar’i yang tidak suka dengan ajaran beliau. Bagi kaum salafi tokoh syehc siti jenar diceritakan sebagai tokoh penyebar kesesatan sehingga layak di hukum pancung. Nah bagi penganut sufi sendiri tokoh ini di diidentikkan dengan tokoh al hallaj yang meninggal gara gara tidak disukai oleh lawan politiknya. dengan kesimpang siuran ini pantas kalau kita pertanyakan berabagai cerita terkait dengan tokoh yang satu ini.

dalam film wali songo yang di rilis puluhan tahun yang lalu, digambarkan betapa Beliau ini sakti karena bisa berubah cacing dan bisa masuk kedalam tanah. benarkah bisa berubah menjadi cacing dan manusia bisa masuk kedalam tanah? sangat tidak masuk akal…. jelas itu cerita yang dibuat buat tanpa pertimbangan fitrah sebagai manusia.

baik saya kira masih banyak lagi cerita cerita seputar syehc siti jenar, dan kita harus kritis terhadap kebenaran cerita tersebut, jangan sampai cerita tersebut membawa kita kepada pamahaman yang salah.

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

2 thoughts on “Menyoal kebenaran cerita syech siti jenar

  1. yg tahu persih pasti ya Syech Siti Jenar sendiri pak….,
    Mempercayai & meyakini boleh saja asal benar2 mengalami, kepada Rasulullah kita juga wajib percaya & meyaqini, tapi yg lebih nyata kalau kita dibisakan untuk mengalami walaupun hanya debu2 hakikat…

    salam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *