merubah pikiran seperti apa yang kita inginkan

orang kadang tidak peka dengan apa yang diinginkannya, orang ingin kaya tapi yang dipikirkan miskin terus, orang ingin melunasi hutan yang dipikirkan nya hutang terus.. orang ingin sehat yang dipikirkan sakit terus…, orang ingin sholat nyakhusyu yang dipikirkan khusyu itu sulit, orang ingin anaknya sholeh tapi yang dibicarakan anaknya nakal teruuss….

sekarang apa yang kita pikirkan itulah yang terjadi, maka sebaiknya jangan berpikir apa yang tidak kita inginkan tapi berpikirlah apa yang kita inginkan sehingga kenyataan hidup ini akan selalu sesuai dengan apa yang kita inginkan. kita ingin kaya kita berpikir kaya maka yang kita dapatkan adalah rejeki yang berlimpah, kita ingin sehat yang kita pikirkan adalah kesehatan prima dalam diri kita sehingga kita akan mendapatkan kesehatan, kita ingin anak kita sholeh yang kita pikirkan adalah anak kita cerdas dan sholeh maka yang kita dapat kan adalah anak anak kita yang baik dan menurut kepada kita serta mau menjalankan ibadah dengan baik. ..

langkah pertama untuk merubah pikiran adalah menyadari sekecil kecilnya pikiran pikiran apa yang selalu bertentangan dengan keinginan kita, catatlah kemudian rubahlah semua yang tidak sesuai dengan keinginan tersebut menjadi sesuai dengan keinginan.

contoh nya sangat sederhana.. misalnya kita punya mobil tahun 93 … masih bagus.. tapi ketika kita dijalan bertemu dengan mobil tahun 2005 yang model dan karakter mobilnya kita sukai dan kita ingin maka langsung saja pikiran kita arahkan untuk memilikinya yaitu dengan berdoa kepada Allah, ya Allah saya ingin mobil itu rasakan bagaimana memilikinya seperti sang pemilik mobil tersebut memilikinya.. dan jangan berpikir tentang “ah ada ada saja”, “ah mana mungkin..” kata kata atau pikiran seperti ini melawan keinginan kita .

yang penting adalah selaraskan keinginan kita dengan pikiran kita, tidak mungkin kita berkeinginan negatif, dalam diri manusia ada “BASHIROH” yang tahu mana yang baik dan mana yang tidak baik, dia selalu menuntun kita untuk memilihyang terbaik maka jalankan pikiran kita sesuai dengan keinginan yang memiliki sifat bashiroh dan fitrah. mana ada orang yang berkeinginan rumah jelek, mana ada orang yang ingin sakit, mobil jelek, mana ada orang yang menginginkan anaknya nakal.. dan seterusnya. pasti kita ingin yang lebih baik karena itulah fitrah kita. dan Allah pun menghendaki demikian yaitu hari ini harus lebih baik dari hari kemarin dan itulah ciri ciri orang yang beruntung.

Allah tidak akan merubah suatu kaum jika kaum itu tidak merubah dirinya, apa yang di rubah dalam dirinya yang dirubah dalam dirinya adalah pikirannya dulu jika pikiran sudah sesuai dengan keinginan maka Allah akan mewujudkannya.

saya pagi ini menginginkan hari hari ini nanti di liputi dengan keceriaan, mengajar dengan penuh semangat dan mahasiswa saya antusias dengan perkuliahan saya. saya pun berpikir demikian … ya Allah ceriakan hidup saya, bahagiakan hidup saya, ….. terimakasih ya Allah…..

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

9 thoughts on “merubah pikiran seperti apa yang kita inginkan

  1. Salam bahagia,
    Sungguh benar dan tepat sekali, memberikan pemahaman yang jelas. Hingga memberi semangat untuk saya kembali bangun melakukan sesuatu yang sudah lama saya tinggalkan, insyaAllah saya lalukan… terima kasih pak, terima kasih ya Allah…

  2. saya sangat bersetuju dengan anjuran saudara. tetapi pernah saya dengarkan dari orang berkata, katanya dengan Allah kita tidak boleh berharap-harap tetapi hendaklah berserah. Adakah berharap-harap itu sama makna dengan berdoa? Mohon dicerahkan ya.

    • memang berharap harap itu tidak anjurkan pak, yang seharusnya adalah “yakin” kalau kita sudah yakin kepada Allah sebenarnya tinggal berserah saja, dan orang yakin pasti tidak berharap harap. dan doa pun sebagai ketundukan dan kerendahan kita kepada Allah bukan karena kita menginginkan sesuatu dari Allah (karena sudah yakin tadi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *