merusak bawah sadar anak tentang hantu

hantu memang sudah menjadi simbol “menakutkan” bagi anak. simbol hantu ini banyak digunakan oleh orang tua, pengasuh, pembantu rumah tangga yang terutamanya “momong anak” untuk menjadi alat ektif, ekonomis dan berdaya guna untuk membuat anak takluk. anak pun karena tiap hari di “cekoki” dengan hantu menjadi sangat ketakutan dan mengikuti perintah “atasan” bukan karena patuh tapi karena takut kepada hantu.

teringat semasa saya kecil , ketika saya tidak mau tidur karena larut maka ketakutan terhadap hantu pun di terapkan agar saya tidur…. saya merasa hingga sekarang bawah sadar saya tentang hantu masih membuat saya takut.

saya tidak ingin anak saya yang masih usia 3 tahun merasa ketakutan dengan hantu. tapi akhir akhir ini setiap melihat di tempat gelap dia selalu mengatakan bahwa di situ ada hantu “pocong”…dan dia ketakutan, padahal anak ini tidak pernah saya takut takuti tentang hantu …. mungkin figur hantu ini dimasukkan oleh pengasuhnya, atau melihat Tv atau mungkin teman temannya di kampung menceritakan tentang hantu pocong yang menakutkan.

saya berfikir kalau anak saya seperti saya bisa bisa dia nanti juga penakut seperti bapaknya, akhirnya saya berusaha untuk merusak memorinya tentang hantu. simbol hantu umumnya masuk dalam pikiran , dan jika tiap hari dimunculkan simbol hantu yang menakutkan di ulang ulang maka lama lama akan masuk bawah sadar. nah sepertinya anak saya ini sudah masuk pada level bawah sadar sebab setiap gelap dia mengatakan ada hantu pocong dan dia takut…

untuk itu saya pelan pelan saya rusak memori hantu pocong tersebut dengan hal hal yang tidak menakutkan. objeknya sama tentang hantu namun asosiasinya tidak menakutkan namun “lucu”, menyenangkan dan friendly. saya sering mengcounter anak saya ketika dia menyebutkan kata pocong.

” eh dik nanti kalau ketemu hantu pocong di tanya ya eh … rumah Bapak pocong mana….?,  nanti kita main ke sana… karena bapak pocong punya mainan banyak…”

” eh dik dik yuk kita menirukan cara berjalan pocong… (lompat lompat, dan anak senang permainan ini dia tertawa tawa) ayo dik lompat kanan kiri …. lompat depan belakang… ayo dik sambil teriak aku pocong lucu… aku pocong lucu…….ha hah.. ha… haa… (bukan hi hi hi… )

pokoknya saya mengajak anak untuk membuat pocongan itu lucu, pocongan itu baik, pocongan itu menyenangkan… hal ini akan menetralisir memoriyang menganggap hantu pocong adalah menyeramkan.

menakut nakuti anak sangat berbahaya bagi perkebangan psikologisnya, jadi hal hal yang negatif harus segara kita luruskan atau kita benahi agar nantinya tidak mempengaruhi perilaku dia di kemudian hari…..

 

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

4 thoughts on “merusak bawah sadar anak tentang hantu

  1. di mana kita berada di situ ada makanan cuma cuma, maka kita duduk dan makan dan tido aja do situ hingga kenyang

  2. di mana mana kita boleh tidor jika kita rasa mengantuk, maka kita tidur dulu sebelum mandian

  3. iya ya, klo nggak dari skrg kita ubah pola pengasuhan tentang menakut-nakuti anak, bisa-bisa kita membangun generasi penakut terhadap hal yang bahkan belum dilihatnya. Good idea. yuk mulai kita terapkan, terutama buat yang punya anak kecil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *