Mitos nyi roro kidul dan hilangnya pesawat MH 370

menurut anggapan sebagian orang ada dua lokasi laut yang angker ( “tempat keras” kata orang malaysia) yaitu di samudera hindia yang katanya di huni oleh nyi roro kidul atau ratu pantai selatan, dan segita bermuda atau bermuda triangle. jatuhnya pesawat malaysia airline MH 370 yang jatuh di laut selatan dipercaya sebagian orang yang percaya dengan nyai roro kidul bahwa pesawat tersebut dikersake (di ingini ) oleh ratu pantai selatan. ya ini tentunya bagi orang yang tidak percaya dengan keberadaan nyi roro kidul sangat tidak mungkin “memangnya nyi roro kidul sudah bosan naiik kereta kencana  dan mau nyoba naik pesawat?”

Kalau pendapat saya, yang sangat mungkin salah, mitos nyi roro kidul sangat diyakini oleh turun temurun sejak kerajaan mataram pertama di yogya sampai sekarang. Mitos itu sangat kuat sekali yang meyakini bahwa nyi roro kidul itu benar benar ada . Keberadaan nyi roro kidul diperkuat dengan legenda legenda cerita yang diyakini masyarakat seperti terjadi benar, misalnya kalau ke pantai parangtritis jogja dilarang pakai pakaian hijau karena kalau ketahuan nyi roro kidul akan marah dan nanti akan tenggelam di pantai di telan ombak pantai. dan banyak larangan dan mitos di sana. Sekarang saja pihak keraton jogja masih mengadakan sesaji atau larung sesaji di pantai selatan. Nah, keyakinan yang sangat kuat ini tentunya sangat berpengaruh terhadap kejadian kejadian di luar nalar , meski keyakinan dan keberadaan nyi roro kidul hanya sebatas mitos tapi karena diyakini berartus ratus tahun maka bisa saja menjadikan kekuatan negatif yang bisa membuat celaka orang bila berseberangan dengan keyakinan atau mitos tersebut. Nah kemungkinan ketika MH 370 itu melintas di atas laut selatan ada pelanggaran terhadap system keyakinan yang sudah berartus ratus tahun.

ya mitos ini saya kira sama dengan mitos yang terjadi di segitiga bermuda dimana diyakini oleh orang banyak bahwa melintas di atas segitiga bermuda akan terjadi hal hal yang tidak diinginkan.

dari kejadian tersebut kalau saya, masyarakat luas seharusnya di edukasi untuk tidak mempercayai hal hal yang tidak benar seperti keberadaan nyi roro kidul, segitiga bermuda sehingga dampak keyakinan atau kepercayaan yang salah tersebut tidak berpangaruh negatif terhadap siapapun. Nyi roro kidul adalah khayalan yang dibuat oleh kerajaan mataram agar rakyat patuh kepada kerajaan dengan menyebutkan bahwa ratu selatan menikah dengan raja mataram…. nah tentunya hal ini perlu diluruskan atau dibenarkan sehingga keyakinan terhadap  keberadaan ny roro kidul ini tidak berlanjut ke anak cucu kita. sekali lagi bahwa keyakinan kepada nyi roro kidul adalah sesat dan menyesatkan.

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *