model pendidikan di Indonesia yang harus dikembangkan

model pendidikan kita ini terlalu berkiblat pada dunia pendidikan yang bukan “kita banget”. Indonesia ini adalah negara yang rimbun dengan pepohonan, banyak tempat indah nan sejuk…. jelas ini beda dengan negara negara yang punya musim salju dan musim lainnya yang disini tidak ada.

Indonesia terkenal dengan spiritualitasnya sejak dulu, terutama di tanah jawa. Banyak pujangga pujangga produk jawa yang memiliki karya tidak kalah dengan filosof eropah.

cuma sayang saat ini kita tidak menyadari potensi yang kuat berakar dari budaya klim tropis. kalau saya sangat tertarik dengan dunia kreatifitas. Tidak suka menghafal, tidak suka menghitung, tidak suka cara berpikir “saklek alias kaku atau rigid” mungkin orang menyebut saya, bahwa saya lebih condong ke otak kanan dari pada kiri….

saya suka kreatifitas yang bukan dari olah pikir yang bukan dari pikiran, tapi saya suka dengan aliran air yang mengalir dalam otak saya dan saya tumpahkan dalam tulisan atau lainnya. Kata guru saya jadilah kamu orang cerdas, kemudian guru tanpa saya tanya Beliau menjelaskan bahwa orang cerdas adalah orang yang mampu berpikir lain dari pada orang lain tapi pikirannya itu dapat memberi manfaat dikemudian hari. kalau komputer bahwa orang yang cerdas adalah orang yang menciptakan software bukan orang yang menggunakan software.

ya pesan guru saya itu terpatri hingga sekarang dan kadang menghantui saya untuk dapat berpikir manfaat kepada orang lain.

jangan dekat dekat saya karena anda nanti akan tertular…. he he kok tiba tiba nulis ini ya…. nggak nyambung dengan alinea sebelumnya …. ya biar… itulah namanya kreatif

kemarih sewaktu yasinan di rumah tetangga tiba tiba saya di dekati salah satu tetangga… dan dia nrocos …intinya bahwa kalau saya menyampaikan cerama di masjid isinya sangat beda dengan yang lain… sesuatu yang tidak pernah disampaikan oleh pembicara lainnya dan belum pernah ia dengar… saya mengangguk saja dan mengikuti terus tuturan nya kepada saya… pikiran saya melayang ….. oh ini hasil saya mengamalkan ilmu kreatif yang pernah guru ajarkan kepada saya. .. lanjut …

kembali ke model pendidikan di indonesia, saya pikir indonesia harus memiliki lembaga sekolah yang memiliki dasar kreatifitas bagi anak didiknya. dan sekolah itu kalau bisa ke luar jalur pendidikan nasional sebab kalau masuk pasti tidak kreatif, karena muatan penghambat kreatifnya terlalu besar. Sekolah itu harus memiliki program khusus yang dapat membangkitkan kreatifitas dan dapat mewadahi kreatifitas siswa siswanya, kemudian juga kalau bisa sekolah tersebut dapat menyalurkan hasil kreatifitas anak didik.

Sekolah ini tidak perlu sampai bertahun tahun… apalagi sampai 9 tahun… waktu yang terbuang dan lama …. cukup denganĀ 1 atau 2 tahun saja … ya sekolah ini sangat cocok untuk anak anak yang “tidak diterima disekolah umum” atau anak yang tidak mau mengikuti jalur resmi jalur sekolahnya DIKTI atau pemerintah,…. Hasilnya nanti boleh di adu dengan mereka yang sekolah 9 tahun plus kuliah 4 tahun tambah lagi 2 tahun untuk master….. weleh weleh….. kasihan orang tua….yang membiayai..

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *