mudik dan idul fitri

antara mudik dan idul fitri kalau kita cermati ada persamaannya yaitu sama sama berarti pulang atau kembali ke asal… jadi pelajaran mudik yang dapat kita ambil adalah sangkan paraning dumadi yaitu suatu keadaan balik ke asa. kembalinya kita ke allah diibaratkan dengan kita pulang ke tempat orang tua.. dimana secara historis orang tualah tempat kita untuk mengadu… minta perlindungan ketika kita kecil…..

nah kegiatan mudik ini adanya cuma ada di indoesia khususnya di jawa … inilah cara cara para auliya dulu dalam mengajarkan ilmu hakikat makrifat.. tidak dengan penjelasan tidak dengan uraian kata kata namun dengan perumpamaan perumpamaan… makanya beberapa aliran tertentu menolak tradisi ini dianggapnya bidah…

kembali ke pada fitrah harus bersih dari dosa maka kita minta maaf kepada orang tua, saudara atau orang yang kita temui .minta maaf ini sebenrnya adalah pembersihan agar yang fitrah menjadi sempurna fitrhanya. .. tidak sekedar silaturahmi.. jadi kegiatan mudik merupakan rangkaian dalam bulan ramadhan.

0 thoughts on “mudik dan idul fitri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *