mujahadah rogo dan mujahada jiwo

untuk mewujudkan keinginan ada 2 jenis mujahadah yaitu seperti judul di atas. mujahada rogo yaitu mujahadah yang melibatkan fisik seperti puasa, wirid, sholat dan lain sebagainya, yang kedua mujahada jiwo , mujahadah ini bisa berdiri sendiri dan bisa mengikuti mujahadah rogo. berdiri sendiri misalanya bersyukur terus menerus selama 1 jam jika lupa berarti batal dan harus mengulang, ingat Allah (silatun) terus menerus selama 2 jam jika lupa batal….. kegiatan ini sangat berat (bagi yang belum terbiasa) karena pikiran akan selalu mengarahkan atau menarik untuk tidak ke Allah (karena faktor kebaisaan) , namun semakin banyak latihan, semakin lama melatih mujahadah jiwo ini maka kita akan terlatih tentunya dan mudah untuk dapat ingat allah atau bersyukur kepada Allah dalam waktu yang lama.

mujahada jiwo ini juga dapat mengikuti mujahada rogo misalnya puasa jiwo kita harus menjaga kesucian, misalnya tidak membenci, memaki dan berprasangka jelek dengan orang lain, atau ketika kita wirid bentuk mujahada jiwonya adalah selalu ingat (silatun) kepada Allah.

antara mujahadah jiwa dan mujahadah rogo tentunya lebih berat yang jiwa, namun dampak atau kekuatannya lebih besar….dibandingkan dengan mujahadah rogo.

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

0 thoughts on “mujahadah rogo dan mujahada jiwo

  1. saya blom mngerti soal mujahada jiwo ato jiwa…?????
    setelah melaksanakan mujahada jiwo jadi kita melupakan alloh??
    apakah hanya 1 ato 2 jam ato bbrapa jam saja kita ingat kpada-Nya…?
    menurut sya ingat allah atau bersyukur kepada Allah itu dngan cara mengerjakan perintah’y dan mnjahui larangan alloh dan rosul ..
    thanks…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *