nasib dibuat manusia sendiri

semua kejadian, semua yang ada, semua keadaan sudah ada aturannya yaitu sunatullah. orang makan akan kenyang, orang minum hilang hausnya, … batu kita lempar ke atas akan jatuh kebawah… dan semuanya…

semua sudah ada aturannya. sekarang kita tinggal memilih mau lapar apa mau kenyang, mau haus atau tidak haus. apapun yang kita pilih semua sudah ada ketentuanya, sudah ada konsekwensinya. kita memilih makan ketika lapar maka konsekwensinya adalah kenyang, kita memilih minum ketika haus maka konsekwensinya adalah hilangnya rasa dahaga.

begitu juga nasib… mau memilih malas atau semangat… ada konsekwesinya. kalau malas kita tidak mendapatkan rejeki kalau semangat kita akan mendapatkan rejeki. jadi nasib kita yang buat atas ketentuan atau aturan dari Allah.

hakikat takdir bukanlah, kita lapar…, bukanlah kita miskin….hakikat takdir adalah ketentuan Allah yaitu jika makan kenyang, jika rajin bekerja akan kaya, jika sakit , berobat maka sakitnya sembuh… itulah takdir atau garis ketentuan Allah.

sekarang mari kita memilih… memilih yang baik… kita ingin kaya berarti kita memilih rajin bekerja, memilih bahagia hidup maka kita memilih untuk beriman dari pada tidak beriman. jadi hidup adalah pilihan dan Allah lah yang akan mengatur akibat dari pilihan tersebut.

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

0 thoughts on “nasib dibuat manusia sendiri

  1. setuju pak, ikhtiar kan wajib, soal hasilnya menjadi urusan Allah…kan ada jg yg tadinya lapar trus makan malah ga kenyang tp malah sakit, soalnya makan baygon,he..he..salam.

    • nah ini salah satu contohya…. bekerja keras tidak mesti mendatangkan hasil banyak… karena tidak smart tadi…. setuju pak Indradi

  2. kl menurut saya kurang pas sih,..soale ada yg dah kerja mati-matian tapi tetep aja miskin, ada yg dah berusaha berbuat baik dan selalu dinasehati ortunya/gurunya tetep aja berbuat dosa,..smuanya berpulang kepada takdir Alloh,..do’a dan ikhtiar manusia adalah perintah Alloh, sedangkan hasilnya adalah hak Alloh saja,..ora iso diganggu gugat,…
    (….. salah apa bener ya,….????..), kalo gak ada pertolongan dari Alloh kita tak akan bisa beriman dan beramal sholeh,…..

    • kalau kerja mati matian.. hasil nya kurang pasti kerjanya ada yang salah.. sehingga tidak mendatangkan hasil….jadi tetap mengikuti sunatullah….. berpikir dan bekerja smart… pasti mendatangkan hasil yang lebih baik, karena sunatullahnya demikian.

    • tuhan saje yang tahu, agak berat untuk berkomunikasi,seperti ada bebab yang ditanggung, zikirnya hanya 2, 3 patah sajer, lepas itu entah dimana dunianyer….ngaji Quran juga tidak mahu…beratttttt sangatttttt

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *