nyambung silatun

arti kata nyambung berarti ada suatu konektivitas ada perasaan “seeeet” “aahhh” atau apa….ya… pokoknya hati itu rasanya “mak klek” nah silatun sama Allah demikian juga ada suatu perasaan mak klek suatu perasaan yang tersambung kepada kekuasaan, keluasan, suatu yang “maha” yang akhirnya ketika nyambung kita menjadi lega, plong, dan rasa rasa yang melampoi rasa itu sendiri.

nyambung ke allah ini walaupun alatnya sama namun akan sangat berbeda jika kita nyambung kepada manusia misalnya kita mencintai seseorang maka rasa sambungnya akan berdampak berbeda. sambung cinta dengan manusia jika tidak bermuara pada Allah sebagai sang “maha” maka batin kita akan menyempit bahkan bila cinta itu mengarah kepada yang negatif misalnya mencintai seseorang yang sudah punya pasangan maka akan berdampak sangat sakit. cinta yang demikian atau nyambung yang disertai cinta ini ibaratnya memberikan daya yang besar terhadap sesuatu yang buntu akhirnya daya itu mbalik lagi dan mbaliknya ini akan menyakitkan. (karena pas nulis ini ada salah satu jamaah yang konsultasi masalah mencintai suami orang).

kembali ke masalah nyambung ke allah. rasa sambung ke allah jelas akan menimbulkan kelegaan karena kita berada pada suatu keadaan yang luas juga… hati kita terbawa pada keluasan nya allah, hati kita yang nyambung ini terseret pada keadaan keadaan hakikinya Allah sehingga benar derdzikir itu menenangkan hati (catatan : bila kita bisa memasuki alam ketuhannannya).

sambung ke allah ini dapat kita gunakan untk memujinya, berdoa, bersujud dan lain sebagainya persis ketika sholat sujudnya nyambung, rukuknya nyambung fatihahnya nyambung dan seterusnya. ┬ádan kekuatan nyambung ini lah yang sering kita latih dalam metode patrap gerak…. kalau sambungannya kuat maka sujudnya pun akan kuat, rukuknya kuat dan seterusnya….

0 thoughts on “nyambung silatun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *