nyatakan bahwa Allah itu Ahad

menyatakan bahwa Allah adalah Ahad bukanlah sekedar mengatakan atau sekedar mengucapkan. makna menyatakan bahwa kita dengan segenap kesadaran kita mengakui bahwa Allah itu 1 artinya 1 yang meliputi segalanya, 1 yang paling dekat dengan kita. Allah paling dekat dengan kita dan meliputi segala sesuatu.

pemahaman Ahad dalam surat al ihlas sangatlah dalam dan harus dapat kita sadari. kalau pengertian dan arti atau makna kita mudah untuk mengerti namun pemahaman hingga masuk sampai kesadaran kita bahwa Allah adalah ahad harus melalui laku (experience) sehingga pemahamannya merupakan bentuk yang dapat disadari. Ahad bisa mengandung beberapa hal yang pertama Allah adalah 1, Allah itu luas, Allahitu meliputi segala sesuatu, Allah itu dekat nah keempat pemahaman itu harus menjadi satu tidak dapat dipisah pisah.

jadi karena Allah itu satu maka dia meliputi segala sesuatu, karena meliputi segala sesuatu berarti Dia Maha Luas, dan karena meliputi segala sesuatu berarti Allah sangat dekat dengan kita.

jika kita benar benar masuk dalam wilayah ini maka rasanya seperti kita menyatu dengan Allah (wihdatul wujud) tapi ingat bahwa wilayah ini harus segera kita tinggalkan karena wihdatul wujud adalah bagian dari perjalanan dimana kita harus melanjutkan perjalanan tersebut untuk menuju kepada yang penyerahan diri hingga mencapi maqom fana.

mengapa surat ini dinamakan dengan surat al ihlas… karena surat merupakan pelajaran untuk mencapai keadaan wihdatul wujud yang selanjutnya mencapaike fanaan. mengapa ihlas karena kita mengihlaskan diri kita untuk diliputi Allah yang maha Ahad, kemudian kita mengihlaskan lagi untuk mencapai keadaan fana .

surat ini sangat luar biasa… bentuk keihlasan yang sempurna ada pada surat ini. jika kita mengulang ulang surat ini dengan segenap kesadaran bahwa Allah satu, luas, meliputi dan dekat kita ulang 100x saja maka keadaan kesadaran kita akan berubah (maaf saya belum mengamalkannya), tapi saya memliki keyakinan akan hal tersebut.

how to get this ahad experience

  1. duduklah relaks
  2. mulailah silatun/sambungkan ke Allah
  3. gunakan kesadaran kita bahwa Allah dekat, rasakan hingga kita benar benar merasakan kedekatan dengan Allah
  4. perluas kesadaran kita dengan perlahan lahanĀ  menyadari bahwa “yang dekat meliputi segala sesuatu” rasakan hingga kesadaran kita benar benar meluas , terima reaksi nya
  5. pertahankan posisi ini hingga kita benar benar mengalami keadaan Ahad yaitu wihdatul wujud bahwa aku bagian dari keseluruhan. pertahankan dulu jangan kemana mana biarkan Allah SWT memberikan kita pelajaran wihdatul wujud
  6. kemudian yang merasa menjadi aku, yang merasa dekat, dan yang merasa bagian dari keseluruhan melakukan penyerahan diri secara total kepada yang luas, yang dekat, dan yang meliputi segala sesuatu….(lakukan hingga benar benar fana, meninggalkan maqom wihdatul wujud/ manunggaling kawula gusti)

laku ini sebaiknya tidak di teorikan atau diperdebatkan, sebaiknya di praktekan dengan benar benar ihlas karena Allah.

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

5 thoughts on “nyatakan bahwa Allah itu Ahad

  1. allah satu?benarkah allah satu?allah tidak bisa di gambarkan dengan satu dan tidak bisa di gambarkan dengan ada.allah nampak lebih nampak dari segala sesuatu.lebih terang dari segala yang terang lebih ada dari segala yang ada,itu adalah makna dari ahad.dan ahad allah tidak bisa di katakn dengan satu.karena satu adalah bilangan atau suatu objek yang terlihat.[seperti tiang].makn ahad dalam surat al iklas adalah luas yang tidak bisa kita hitung dengan otak kita sebgai manusia.kesalahan ada pada diri kita sbagai manusia.karena kita hanya mengikuti

  2. alhamdulillah saya sdh mempraktekannya, suasana seperti berada dalam kapsul bulat ,tulang belulang terasa tidak ada , fisik terasa sangat kecil, namun ada sesuatu yang dapat kita rasakan ketentraman yg tidak dapat terucap ,subhanallah, terimakasih ustadz

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *