nyi roro kidul versus spongebob

ada beberapa kesamaan antara keduanya, keduanya sama sama hidup di laut, cuma kalau nyi roro kidul tinggal nya jelas yaitu di laut selatan tapi kalau spongbob di global tv. kesamaan lainnya semua hasil cipta manusia, hasil pikiran manusia yang satu menjadi kepercayaan dan yang satu jelas dalam bentuk kartun. secara sejarah lebih dulu nyi roro kidul dari pada spongebob , atau mungkin pencipta spongebob pernah wisata ke laut selatan kemudian minum air kelapa dan mendengarkan cerita dari penjualnya??? wallahu a’lam. yang jelas lebih dulu nyi roro kidul.

keduanya merupakan cerita fiksi (bagi yang tidak mempercayai) perbedaannya yang satu cerita horor yang satunya cerita humor..

apa lagi ya….

pendapat saya: tulisan ini tidak bermaksud mendiskriditkan nyi roro kidul ataupun spongebob namun untuk meluruskan akidah kita. ketika ditanya mahasiswa dalam seminar tentang seputar filosofi semar kemarin siang, apakah nyi roro kidul ada ? saya balik bertanya lha kamu percaya tidak? kalau percaya nyi roro kidul berarti nyi roro kidul ada jika kamu tidak percaya berarti nyi roro kidul tidak ada. mhs tersebut balik tanya lho kok gitu pak? .. jawab saya ya .. semua tergantung pikiranmu, nyi roro kidul ada dalam pikiranmu, diadakan dalam pikiranmu. kalau pikiranmu tidak ada kepercayaan tentang nyi roro ya….. nyi roro tidak akan pernah ada.

dia mengajukan argumen lagi… lho tapi kok katanya orang 2 muncul di tengah laut selatan… sayapun balik menjawab.. ya itukan katanya orang yang percaya.. kalau orang yang nggak percaya semacam saya ndak mungkin saya ditemui karena memang pikiran saya tidak ada. mahasiswa itupun OOOooo…..

berapa lama mitos nyi roro kidul ini membelenggu kita… dalam sejarah nyi roro kidul diciptakan untuk nakut nakuti masyarakat pada waktu itu terhadap kekuasaan raja jogja dan solo… dengan mengatakan bahwa nyi roro kidul merupakan istri raja raja… jadi para raja di jogja dan solo selain mendapatkan warisan tahta juga wwrisan nyi roro kidul tapi ini dulu.. ketika sistem keyakinan di masyarakat memegang peranan penting dalam menegakkan pemerintahan raja.

kalau sekarang saya kira ini sudah banyak berkurang, memang masih ada mereka yang memegang kepercayaan ini… ya itu terserah monggo saja… tidak ada paksaan unutk tidak meyakininya. tapi kira kira demikianlah cerita dari nyi roro kidul sehingga kita menjadi sadar untuk mendudukan porsi nyi roro kidul sesuai dengan faktanya..

6 thoughts on “nyi roro kidul versus spongebob

  1. yepz… that’s right…… bennnnnnnnnnnneeeeeeeeeeeeerrrrrrrrrr banget, sesuatu bs dirasakan ada karena fikiran kita sendiri

  2. soal ada atau tidak ada, jawabnya yang pas adalah tidak tahu karena belum lihat sendiri, tp kalau berbicara soal mahluk halus, jawabnya iya, jelas ada, karena emang di quran itu ada. tapi cukup sampai disitu saja.. ndak usah diambil pusing.mikir pekerjaan saja kadang pusing.. ngapain mikir soal roro kidul. kurang kerjaan namanya…he he he. just urun rembug

  3. Pingback: populasi hantu diambang kepunahan « SOLO THE SPIRIT OF ISLAM, Islam for All

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *