apa yang kita lakukan kalau uang terbatas tapi pingin punya motor? pasti jawabnya adalah nyicil alias kredit. nah demikian pula dengan haji bisa dikredit atau dicicil. dan tentunya juga DP atau uang muka.
berhaji tidak perlu repot repot yang penting kita mengakui bahwa haji adalah wajib (tanpa embel embel “belum mampu”) karena kita bisa nyicil berarti tidak ada kata tidak mampu.. kalau tidak mau mungkin. nah berapa jumlah uang yang kita miliki bisa kkita wujudkan sebagai dasar atau modapkan kel awal kita untuk berhaji. berhaji dimulai dari uang muka yang kita setorkan berapa pun jumlahnya..kepada siapa kita setor ? ada baiknya kalau dititipkan ke bank biar aman kalau belum cukup ya disimpan sendiri nanti kalau sudah terkumpul baru ditabungkan.
cicilan bebas jika mungkin tiap bulan di target misalnya 100 ribu sebagai tambahannya bisa juga dengan memotong sekiankan persen untuk ditabungkan setiap kita mendapat penghasilan tak terduga. jangan pernah berpikir kapan akan lunas cicilannya ikuti saja prosesnya dan jangan menjadi beban biarkan prosesnya berjalan.