orang kaya atau orang sukses ?

saya  tidak sedang bermain kata atau kalimat, kaya dan sukses sesuatu yang tidak berkorelasi atau tidak ada hubunungannya. orang kaya belum tentu sukses orang sukses juga belum tentu kaya. Sebab kaya bukan kriteris sukses dan sukses tidak menyebabkan kaya. Kalau ada orang kaya  kemudian kita sebut dia sukses …. jujur ini adalah kesalahann berpikir, ini hanya anggapan saja … yang mungkin selama ini kita dengar, misalnya ketika ada salah satu teman merantau kemudian dia kaya … kita mengatakan dia sukses menjadi orang. Saya yakin jika kita konfirmasikan kepada orang yang bersangkutan apakah dia sukses saya yakin belum tentu dia mengatakan bahwa dirinya sukses. Hal ini bisa kita lihat kebalikannya bahwa ada seorang supir becak yang wajahnya selalu senyum dan ramah kepada siapa meski makannya dari sepincuk daun, tidurnya diatas tempat duduk becak.. ketika kita tanya apakah bapak sukses? dia menjawab ya alhamdulillah saya sukses… kita tanya kenapa bapak menjawab sukses , dia menjawab karena hari ini saya sudah melampoi target 50 ribu … hari ini saya sudah dapat 70 ribu ….

ya dari gambaran saya di atas berarti kita bisa diri kita bahwa kita sudah  sukses atau belum, tentunya tidak di ukur dengan harta dan kekayaan.

bagi kita ketika mengukur seseorang sukses pun tidak dapat di dasarkan dari jumlah harta yang ada, perlu di telurus lebih jauh apakah orang lain tersebut bersyukur dengan keadaan dirinya atau tidak.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *