orang yang membatasi dirinya hanya syariat tidak akan mampu belajar makrifat

syariat bukanlah tujuan tapi syaraiat adalah cara yang kita digunakan untuk mencapai tujuan. Tujuan yang sebenarnya adalah berserah kembali kepada Allah. Jika kita hanya fokus pada syariat maka kita tidak akan tahu tujuan kita. Maka orang yang hanya syariat saja dia tidak tahu kemana arah syariat yang sedang dia jalankan. Belajar makrifat merupakan langkah maju untuk mendalami tujuan yang akan dicapai. tujuan itu tidak lain adalah Allah. maka ada ungkapan awaludin makrifatullah. awal agama itu adalah makrifat, jadi bukan syariat. makrifat islam hanya bisa dijlankan dengan benar jika berlandaskan syariat, tapi syariat saja maka seperti orang yang menjalankan kendaraan tapi tidak tahu  mau kemana tujuannya.

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

7 thoughts on “orang yang membatasi dirinya hanya syariat tidak akan mampu belajar makrifat

  1. ass..wr,wb.
    Al fatehah buat bapak…. semoga selalu m,dapat keluasan rahmat,taufik & hidayah Allah SWT.(Amin).ada yg sangat ingin saya tanyakan sekali pada bapak. pada sa,at saya tafakur di suatu masa antara sadar & tidak saya melihat ada cahaya putih tapi di selimuti kabut putih tebal.saya bingung,harus jalan ke mana… karna saya tidak bisa menembus cahaya berkabut itu,hingga akhir saya t,sadar dari meditasi saya.dgn segala kerendahan hati saya mohon kiranya pak setyo sudi m,berikan jawabannya
    & p,tanya,an ini pernah saya tanyakan kpd guru yg katanya wara, di tempat saya tapi saya tidak puas dgn jawabanya karna ia m,jawabnya hanya dgn simbol2 saja.

    • waalaikumsalam wr wb
      maaf pak jika jawaban saya kurang memuaskan, bagi saya itu adalah sensasi, yang merupakan pemberian Allah. jadi perkuat saja ke Allah pak. Insya Allah nanti akan diberikan sensasi yang lebih dari itu . salam

  2. Ma’rifatullah dengan Ma’rifat tidaklah serupa.
    Bila ma’rifat yang dimaksud adalah mengenali perintah dan larangan Allah Azza wa Jalla dan setelah itu memahami dan melaksanakannya secara tuntan, maka itulah ilmu ma’rifatullah.
    Sedangkan bila Ma’rifat yang dimaksud adalah upaya spiritual untuk melepaskan ruh dari jasad kotor agar mengetahui sedikit hal ghaib yang mu’zizat sebagaimana Nabi Khidr alaihissalam, maka itu justru tidak berasal dari Islam.
    Kemampuan luar biasa yang dimiliki Nabi Khidr dan juga Nabi-Nabi lajn merupakan Mu’zizat yang diberikan Allah Ta’ala sebagai bekal mereka atas tugas kenabian dan kerasulan yang mereka emban. Karenanya, Ba’da Khatamul Anbiyaa’i wal Mursaliin, Rasulullah SAW, maka tiada lagi yang namanya mu’zizat seseorang mengetahui hal ghaib, kecuali atas bisikan syaithan yang mencuri khabar ghaib dari Arsy.

    Wallahua’lam

    • mantabs Pak, dari komentar Bp berikut:
      “Kemampuan luar biasa yang dimiliki Nabi Khidr dan juga Nabi-Nabi lajn merupakan Mu’zizat yang diberikan Allah Ta’ala sebagai bekal mereka atas tugas kenabian dan kerasulan yang mereka emban.”
      Menandakan ma’rifat Pak Tomo dah tinggi sampai tahu maksudnya Allah memberi mu’jizat pada nabi2. Luar biasa pak…

      salam

  3. Sangat luar biasa sekali.
    Apa yang di ajarkan para nabi bukan untuk sejarah mereka saja, tapi untuk kita semua, jika untuk rasulullah awaluddin adalah makrifatullah maka kitapun juga harus demikian kalau ingin beragama yang benar menurut Allah, jika untuk rasulullah hakikat islam adalah beserta dengan Allah, maka kitapun juga harus demikian, krn apa yang dikatakan rasulullah itu bukan pelajaran untuk dirinya sendiri, tetapi untuk semua umat.

  4. Sangat luar biasa sekali.
    Apa yang di ajarkan para nabi bukan untuk sejarah mereka saja, tapi untuk kita semua, jika untuk rasulullah awaluddin adalah makrifatullah maka kitapun juga harus demikian kalau ingin beragama yang benar menurut Allah, jika untuk rasulullah hakikat islam adalah beserta dengan Allah, maka kitapun juga harus demikian, krn apa yang dikatakan rasulullah itu bukan pelajaran untuk dirinya saja, tetapi untuk semua umat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *