Otak kirinya patrap

Dalam bedakwah kita tidak bisa meninggalkan otak kiri kita, otak kiri inilah yang akan mengoperasionalisasikan otak kanan. otak kanan yang berisi  tentang cita cita, imajinasi, blue print harus terstrukturkan oleh otak kanan secara detil dan terinci, berdasarkan hasil hasil pengamatan dan penelitian, dan hasil brain storming atau pendapat pendapat dari orang lain.

mengembangkan patrap harus menggunakan otak kiri, kadang orang patrap terlena dengan otak kanannya sehingga yang di raih hal hal spiritual yang bersifat abstrak dan seringkalli kurang aplikatif untuk bisa diterapkan.

kombinasi antara kemampuan otak kiri dan otak kanan akan sangat berguna sekali dan akan membawa hasil yang optimal. seperti diccontohkan dalam sholat bahwa selain menuju ke allah secara lepas bebas juga ada aturan yang dipakai yaitu fiqih (rukun sholat).

0 thoughts on “Otak kirinya patrap

  1. Ass Wr Wb
    Horas
    Pak Pur, web nya ok punya…saya sekarang bisa tuker pikiran nih..namun saya ada usul
    sebelum masuk lebih dalam, ada baiknya memberi penjelasan kepada umum masalah bahasa kata ‘PATRAP’, saya udah kena getahnya disemprot orang yg ngga setuju pemakaian patrap (maklum ngga ada ilmu bahasanya nih, dijelasin pake rasa..susah..) yg nyemprot saya tuh pake landasan hukum Quran surat dan ayatnya lupa tapi bunyinya seperti : ‘bila umat islam mengikuti gaya orang kafir maka dia sudah termasuk kafir’ nah…coba dijelasin dulu posisi salah kaprahnya masyarakat terhadap ayat ini agar pemahaman bahasa patrap dimengerti umum. (tambahan semprotan dia kesaya…”masa dzikir diganti patrap)…udah dulu yaaa..
    Wass Wr Wb
    Yogaswara (SCMedan)

    Nb: Saya Insya Allah Datang diseminar ‘Islam untuk Dunia’ di Hotel Mustika, Tuban Jatim, Sabtu 24 Mei-25 Mei 2008 jam 09:00 s/d selesai (malem minggunya ada patrap bareng Abu S & H Slamet Utomo)..dateng yoo..! ditunggu

  2. memang istilah sering bikin pikiran orang kacau.. saking kacaunya malah menyalahkan istilah. terutama patrap istilah ini hampir disamakan dengan ilmu kejawen dan kejawen kalau disini sangat identik dengan kesyirikan…
    untuk pengertian patrap di beberapa artikel sebeumnya juga sedikit banyak sudah saya singgung cuma mas.. saya juga sering kena ssemprot.. ya saya jawab saja kalau patrap itu dzikir.. patrap itu nama metode. seperti belajar quran pake iqro.. iqro adalah metode..
    oh ya minggu depan.. 24 25 mei.. saya belum tahu mas bisa kesana atau tidak.. tapi kalau ada kesempatan saya usahakan bisa datang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *